Home / Headline / Pangdam II Sriwijaya Resmikan Satuan Detasemen Zipur 14/Gana Bhadrika Kodam II Sriwijaya di Bengkulu

Pangdam II Sriwijaya Resmikan Satuan Detasemen Zipur 14/Gana Bhadrika Kodam II Sriwijaya di Bengkulu

Palembang, BP

Sejalan dengan rencana strategis penataan organisasi Kodam II/Swj Tahun 2020 tentang pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam II/Swj maka, pada tahun ini dilaksanakan peresmian secara bertahap beberapa satuan baru dan peningkatan status guna melengkapi Orgas yang telah ada saat ini.

Terkait dengan hal tersebut, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi meresmikan Satuan Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 14/Gana Bhadrika Kodam II/Swj yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Provinsi Bengkulu, Selasa (29/12).

Peresmian Satuan Denzipur 14/GB tersebut dilakukan dalam sebuah upacara militer, yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu, Danrem 041/Gamas, Wakapolda Bengkulu, Bupati Bengkulu Tengah beserta Forkopimda, Aspers Kasdam II/Swj, Kapendam II/Swj, Dandim dan Kapolres, para Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ketua dan pengurus Persit KCK Daerah II Sriwijaya, Komandan Detasemen (Danden) beserta para Prajurit Detasemen Zeni Tempur 14/GB Kodam II/Swj.

Mengawali sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Gubernur dan Bupati beserta Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah, yang telah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik, mulai dari penyiapan markas sampai dengan peresmian, sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Pangdam menjelaskan bahwa, peresmian Detasemen Zeni Tempur 14/Gana Bhadrika Kodam II/Swj yang telah dilaksanakan, selain untuk mengakomodir keinginan masyarakat yang menginginkan kehadiran Satuan TNI di wilayah tersebut, juga merupakan bagian dari rencana strategis pertahanan matra darat, untuk membangun dan mengembangkan kekuatan dan gelar, serta dalam rangka penataan organisasi di lingkungan TNI AD.

“Sejalan dengan hal tersebut, Kodam II/Swj akan terus berupaya meningkatkan kemampuannya guna menjawab tantangan tugas dengan melakukan penataan dan penyesuaian organisasi serta pengembangan satuan yang berorientasi pada profesionalisme prajurit sehingga diharapkan akan terwujud postur satuan yang ideal, yang mampu menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks”, kata Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam juga mengatakan bahwa, sebagai satuan baru tentunya akan menghadapi berbagai hambatan dan kendala, baik personel maupun materiil. Oleh karena itu Pangdam berharap, hal itu tidak dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan tugas secara optimal. “Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas, pahami adat istiadat dan kehidupan masyarakat di wilayah ini serta jalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemda, Polri dan segenap komponen masyarakat dalam rangka menciptakan stabilitas wilayah yang aman dan kondusif”, tegas orang nomor satu di Kodam II/Swj ini.

Peresmian Satuan Denzipur 2/GB ditandai dengan pengguntingan bunga pita, serta penandatanganan prasasti oleh Pangdam II/Swj, didampingi Danrem 041/Gamas, Wakil Gubernur dan Wakapolda Bengkulu, dilanjutkan dengan penanaman pohon Mangga di lokasi halaman depan Markas Denzipur 14/GB.

Usai acara peresmian, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, meninjau setiap sudut gedung, perkantoran, perumahan maupun barak, bersama Wakil Gubernur, Danrem 041/Gamas, Wakapolda Bengkulu, serta unsur Forkopimda lainya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Terkait Pengrusakan Pondok Mesudji di Yogyakarta, Pekan Depan Komisi I DPRD Sumsel Undang BPKAD

Palembang, BP Buntut dari aksi massa yang melakukan pengrusakan Pondok Mesudji di kota Yogyakarta yang terjadi beberapa waktu yang lalu ...