Museum Dr Ak Gani dan IHH Gelar Webinar Series” Legacy Of Ak Gani, SMB IV : “Sudah Seharusnya Pahlawan Dari Sumsel Diangkat”

3


BP/IST
Museum Pahlawan Nasional Dr Ak Gani bersama Indonesia Hidden Heritage (IHH) menggelar webinar series “ Legacy Of AK Gani, Minggu (23/12).

Palembang, BP

Museum Pahlawan Nasional Dr Ak Gani bersama Indonesia Hidden Heritage (IHH) menggelar webinar series “ Legacy Of  AK Gani, Minggu (27/12).

Sedangkan nara sumber seperti Kepala Museum AK Gani , Priyanti Gani dengan paparan berjudul  Mengenal Museum AK Gani , Sejarawan Sumatera Selatan, UIN Raden Fatah Palembang Kemas Ari Panji  dengan paparan berjudul AK Gani di Pusaran Kelahiran Republik Indonesia, Berlian Susetyo, dari Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya dengan paparan  Jejak Warisan AK Gani di Selatan Sumatera, Robby Sunata selaku Ketua Komunitas Sahabat Cagar Budaya Palembang dan Ersan Benyamin, Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang

Turut hadir  Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn, Nova Wazir, Direktur Eksekutif, Indonesia Hidden Heritage dengan moderator Anderson Stevanus Sitorus, Ketua Bidang Pelestarian Budaya Lingkungan  dan Museum , Masyarakat Sadar  Wisata (Masata).

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn menilai kalau sudah seharusnya pahlawan –pahlawan dari Sumatera Selatan diangkat supaya generasi  muda tahu dengan pahlawan-pahlawan dari Sumatera Selatan , dimana dia melihat generasi muda saat ini banyak tidak tahu dengan pahlawan dari Sumatera Selatan .

Baca:  Mengenang “Memoirs Of Ak Gani” Dalam Pementasan Teatrikal

“ Kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan bagaimana kedepan peranan pemerintah  guna bisa mengangkat pahlawan-pahlawan kita ini,”katanya.

Sejarawan Sumatera Selatan, UIN Raden Fatah Palembang Kemas Ari Panji  dengan paparan berjudul AK Gani di Pusaran Kelahiran Republik Indonesia dan  Berlian Susetyo, dari Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya dengan paparan  Jejak Warisan AK Gani di Selatan Sumatera serta Kepala Museum AK Gani , Priyanti Gani dengan paparan berjudul  Mengenal Museum AK Gani menjelaskan bagaimana perjuangan Dr AK Gani dari awal perjuangan, masa revolusi di Sumsel hingga di tingkat nasional hingga koleksi Museum Dr Ak Gani dan Museum Subkoss Garuda Sriwijaya.

Baca:  Kala Ak Gani Marah Dengan Pemberontakan Kolonel Simbolon

Robby Sunata selaku Ketua Komunitas Sahabat Cagar Budaya Palembang berharap dengan diangkatnya Museum Dr Ak Gani maka akan muncul pahlawan-pahlawan dari Sumsel , menurutnya tidak masalah kalau di Palembang banyak museum –museum dari pahlawan  asal Sumsel.

Ersan Benyamin, Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang  mengatakan, telah melakukan kerjasama dengan Museum Dr AK Gani salah satunya merestorasi mobil Jeep milik Dr Ak Gani yang berada di Museum Dr Ak Gani.

Selain itu pihaknya memiliki program bersama Museum SMB II dan Museum Negeri Sumatera Selatan, Balaputra Dewa yaitu program Jeep Sahabat Museum .

“ Yang pasti pak Ak Gani hobinya sama dengan kami  suka mobil miliiter,” katanya.

Yang pasti dia melihat Museum Dr Ak Gani belum memiliki katalog koleksi  sehingga kedepan menurutnya perlu pembuatan katalog untuk koleksi Museum Dr AK Gani.

“ Kita juga mengandeng Museum Dr Ak Gani dengan kegiatan-kegiatan  yang bisa dilakukan di medsos malah kami dengan Agsi akan melakukan rencana melakukan kunjungan kesekolah-sekolah  dengan menggunakan jeep,” katanya.

Baca:  Kepengurusan SJI Periode 2021-2022 di Lantik di Museum Dr AK Gani

Nova Wazir, Direktur Eksekutif, Indonesia Hidden Heritage mengatakan, telah melakukan kerjasama dengan Museum Dr AK Gani dengan melakukan pendataan koleksi museum Dr AK Gani termasuk akan menempatkan guide di Museum Dr AK Gani serta mendata stekholder terkait.

“ Palembang ini kaya dengan  wisata sejarahnya  tapi material dan promosinya kurang  karena itu kita mau coba mengembangkan ini dimulai dari Museum Dr Ak Gani,” katanya.

Sedangkan sejarawan Nasional Rusdi Hoesin menilai Dr AK Gani banyak berperan dalam perjanjian Linggarjati, malahan saat final pembahasan Linggarjati , Presiden Soekarno sempat meminta pendapat dengan Dr Ak Gani.

“ Saya tahu Soekarno dekat dengan Ak Gani,” katanya.

Dia menilai sosok AK Gani adalah sosok yang famous apalagi orang Sumsel menurutnya harus bangga memiliki sosok Dr AK Gani.#osk