Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya dan Gubernur Sumsel Bersama Forkompimda Sumsel Tinjau Persiapan Natal

4

Palembang, BP

Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri bersama Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi dan  Gubernur Sumsel H. Herman Deru serta rombongan Forkompimda Sumsel melakukan konvoi menuju Gereja Santo Yoseph Palembang, Kamis (24/12).

Kapolda Sumsel beserta rombongan dari TNI dan Satpol PP lakukan pengecekan persiapan perayaan Natal di Gereja – gereja dengan menggunakan motor salah satunya di Gereja Santo Yoseph Palembang di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Ilir Timur I Palembang.

Turut serta dalam patroli bersama tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni bersama Wakapolda Sumsel, Wakil Gubernur Sumsel dan beberapa pejabat TNI-Polri. Mereka juga tergabung dalam tim kedua untuk melaksanakan patroli pengamanan dan meninjau beberapa Gereja di Palembang. Adapun Gereja serta rute yang dikunjungi, adalah Gereja Katholik Hati Kudus Jalan Kolonel Atmo dan Gereja Methodis II yang juga berada di Jalan Kolenel Atmo depan Hotel S,One, Palembang, selanjutnya menuju Gereja Santha Maria di Jalan Dr. Sutomo Kel. Talang Semut Kec. Bukit Kecil, Palembang.

Baca:  Suharso Monoarfa Terpilih Jadi Ketum PPP  Periode 2020-2025, Agus Sutikno:  “Sumatera Selatan Realistis Saja”

Selanjutnya, Irdam II/Swj Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo bersama Sekda Sumsel, Irwasda Sumsel, Asisten Gubernur dan jajaran TNI-Polri yang tergabung dalam tim ketiga, juga melaksanakan patroli dan meninjau ke beberapa Gereja antara lain, Gereja Katholik Parokhi Jalan Idris Simpang Kades Kel. Sukodadi, Palembang. Kemudian ke Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jalan Betawi Raya Kel. Lebung Gajah Kec. Semayang Borang, Palembang. Selanjutnya, rombongan juga berpatroli menuju Gereja Santho Petrus, yang juga berada di Jalan Betawi Raya, Sematang Borang Palembang.

Berdasarkan pantauan terlihat di depan Gereja Santo Yoseph setiap orang baik petugas yang berpatroli maupun awak media satu persatu diharuskan mencuci tangan dan di periksa suhu tubunya menggunakan thermo gun sebelum masuk ke area gereja.

Baca:  Desember 2021,  Kerjasama  ATS Berakhir, Pemprov Sumsel Akan Bentuk BUMD

Saat ditemui di Gereja Santo Yoseph kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri mengatakan, bahwa Polda Sumsel dibantu prajurit TNI dari Kodam II Sriwijaya dan Satpol PP melakukan pengecekan skala besar di Gereja – gereja yang digunakan dalam perayaan Misa Natal 2020.

“Hari ini kita ke gereja dengan sepeda motor dan nantinya petugas yang melakukan patroli keliling juga dengan menggunakan sepeda motor,” jelas Jendral bintang dua ini.

Pastur Laurentius Rakidi saat ditemui di Gereja Santo Yoseph mengatakan bahwa karena sekarang sedang berada di tengah wabah COVID – 19 maka jumlah jemaat dibatasi.

“Jadi untuk Misa Natal tanggal 24 desember 2020 ini diadakan 2 kali yakni pukul 18.00 dan 20.30 WIB, dari 6000 umat hanya 1.600 saja peserta Misa Natal, kemudian dibagi empat kali pelaksanaan,” jelas dia.

Baca:  Warga IB I “Curhat” Dengan  Anggota DPRD Sumsel Dapil I Kota Palembang

Ia menambahkan bahwa peserta diatur dengan melalui pendaftaran terlebih dahulu umat dibawah 17 tahun tidak boleh ikut secara langsung begitu juga umat yang berumur diatas 60 tahun juga tidak boleh hadir secara langsung, namun disediakan layanan Live streaming.

Kapendam II/Sriwijaya Letkol Caj Drs. Jono Marjono mengatakan bahwa, patroli bersama yang dilaksanakan oleh Pangdam II/Swj, Gubernur dan Kapolda Sumsel ini bertujuan untuk memantau situasi sekaligus mengecek keamanan khususnya pada pelaksanaan malam Natal di gereja-gereja, agar tetap kondusif, aman dan lancar.

“Alhamdulillah, dari hasil pemantauan tadi, sampai saat ini situasi masih dalam keadaan aman dan kondusif”, dan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan, kata Kapendam.

“Semoga Natal Tahun 2020 ini memberikan kebahagiaan bagi umat yang merayakannya, dan semoga situasi ini tetap dalam keadaan kondusif, aman dan lancar sampai tahun baru 2021”, ujarnya.#osk