Haul Ke 52 Tahun Pahlawan Nasional Asal Sumsel Dr AK Gani Berlangsung Khidmat

8

BP/IST
Haul ke 52 tahun,  Pahlawan Nasional asal Sumatera Selatan (Sumsel) Dr AK Gani (1968-2020)  berlangsung khidmat di Museum Pahlawan Nasional dr AK Gani di Jalan MP Mangkunegara No 1, Kecamatan Sako, Kenten, Palembang, Rabu (23/12).

Palembang, BP

Haul ke 52 tahun,  Pahlawan Nasional asal Sumatera Selatan (Sumsel) Dr AK Gani (1968-2020)  berlangsung khidmat di Museum Pahlawan Nasional dr AK Gani di Jalan MP Mangkunegara No 1, , Palembang, Rabu (23/12).

Turut hadir diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi, Ersan Benyamin alias Ican selaku Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP)  bersama anggotanya, sejarawan, budayawan dan masyarakat.

Acara di mulai dengan kata sambutan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Quran, pembacaan surah yasin dan doa bersama.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi ikut mendoakan agar almarhum Dr AK Gani  mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan diampunkan segala dosanya.

Baca:  Proklamasi Di Palembang

“ Kami mengapresiasi acara ini , terutama saya dari Pemerintah Sumsel mengapresiasi upaya yang dilakukan yuk Yanti dan keluarga besar Dr Ak Gani dimana mereka selalu melestarikan Museum Dr AK Gani ini , karena museum ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan kita bisa merasakan kerasnya perjuangan  Dr Ak Gani bersama pahlawan lainnya  untuk merebut kemerdekaan , “ katanya.

Baca:  Gelar Yasinan, Museum Pahlawan Nasional Dr Ak Gani Kini Berusia 17 Tahun

Dan sebagai generasi muda sudah sepantasnya menghargai  itu dan mudah-mudahan keberadaan Museum Dr AK Gani ini  semakin menambah khazanah ilmu pengetahuan , menambah sejarah dan ini menjadi  sebuah museum yang sangat refresentatif untuk edukasi  bagi generasi muda agar mereka lebih tahu bagaimana  perjuangan Dr Ak Gani merebut kemerdekaan,” katanya.

Kepala Museum Pahlawan Nasional Dr AK Gani, GI Priyanti Gani, mengatakan  haul  Dr Ak Gani sudah lama di rencanakan  namun karena ada sesuatu dan lain hal baru hari ini di selenggarakan.

“ Kenapa kita selenggarakan tahun ini  almarhum sudah mulai di kenal, museum sudah di toleh pemerintah, sudah diberikan perhatian  seperti bantuan Museum Balaputra Dewa  mengenai museum Dr Ak Gani,” katanya.

Baca:  Haul ke-113 dr AK Gani Khidmat

Walaupun acara haul Dr AK Gani diselenggarakan secara sederhana   lantaran covid -19 sehingga pihak tidak begitu banyak mengundang yang hadir.

“ Hari ini  kita kedatangan para tokoh seperti pak Aufa, ada Ketua KPU kota Palembang, ada kawan-kawan dari komunitas jeep yang selalu membantu kami dari museum dan wartawan juga yang juga membantu dalam promosi museum,” katanya.#osk