SMB IV Berharap Tahun 2021 Revitalisasi BKB Terealiasi Bersamaan Dua Abad SMB II di Buang ke Ternate

4

BP/DUDY OSKANDAR
SMB IV  saat memberikan sambutan dalam  peringatan ulang tahunnya yang ke 39 tahun  dan evaluasi akhir tahun dan rencana program kerja tahun 2021 Kesultanan Palembang Darussalam (KPD)  di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (20/12) sore.

Palembang, BP

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn berharap revitalisasi Benteng Kuto Besak (BKB) yang diinisiasi Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) dan Kementrian Pertahanan (Kemenhan) RI di tahun 2021 dapat terealisasi.

“Kita berharap di tahun 2021 yang merupakan harapannya dimana  bersamaan dua abad SMB II di buang ke Ternate menjadi pembuka jalan  buat orang Palembang  bisa menikmati kembali BKB sebagai hasil karya  nenek moyang  dan bisa bersatu bersama-sama ,” kata SMB IV  saat memberikan sambutan dalam  peringatan ulang tahunnya yang ke 39 tahun  dan evaluasi akhir tahun dan rencana program kerja tahun 2021 Kesultanan Palembang Darussalam (KPD)  di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (20/12) sore.

SMB IV juga berharap di tahun 2021 , masyarakat  Sumsel termasuk kota Palembang dilimpahi  karunia yang banyak , rezeki yang banyak  dan dipermudah segala urusan,

Baca:  Sepakat, Masjid Agung Palembang Dikukuhkan Jadi Masjid Agung SMB  I Jayo Wikramo

“Mudah-mudahan wong Palembang  ini ditahun yang akan datang dijauhi dari bala, di jauhi dari bencana baik alam maupun buatan manusia ,” katanya.

Sebelumnya acara di mulai dengan pembacaan yasin dan doa bersama di diakhiri dengan evaluasi akhir tahun dan rencana program kerja tahun 2021 Kesultanan Palembang Darussalam (KPD)  dan diakhiri makan bersama ala Palembang.

Turut hadir diantaranya Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Febri Irwansyah, dan Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Kesumo Abdul Ghofar, Pangeran  Mas’ud Khan,  Beby  Johan Saimima, dan Radenayu Rahmaniah, Pangeran Surya Kemas A. R. Panji,  Ersan Benyamin alias Ican selaku Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP), Penembahan Husin Diauddin, Raden Muhammad Husin Arsyad.

Baca:  DPRD Sumsel Minta Gubernur Sumsel Tunda Peresmian Nama Masjid SMB

SMB IV juga melihat saat ini masuk masa-masa  yang cukup memprihatinkan dimana banyak sekali perbedaan pendapat yang disampaikan secara terang-terangan  namun tidak kembali kepada  roh kita sebagai  bangsa Indonesia, musyawarah mufakat, berkompromi,  bangsa yang selalu terbuka.

“Mudah-mudahan kedepan  semua itu dijauhkan dari Indonesia khususnya di kota Palembang ini jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan ,” katanya.

Dia mengajak masyarakat untuk selalu sabar  dan juga banyak menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang mengkhawatirkan di tahun depan   namun dia berharap mudah-mudahan semuanya bisa terselesaikan dengan indah dan baik.

“ Mudah-mudahan semua bisa terlaksana, apakah dapat terlaksana atau dimulainya perjalanan kita  untuk mencapai cita-cita atas  dari keseluruhan nilai-nilai Palembang Darussalam, , mudah-mudahan kita diberikan kesehatan dan dapat selalu bersatu dan wong Palembang bisa bersatu  semuanya ,” katanya.

Baca:  SMB IV: Setelah Peresmian Lawang Borotan , Perlu Ada Tindaklanjut

Pangeran Surya Kemas A. R. Panji mengatakan,  kalau kegiatan hari ini adalah syukuran  dalam rangka  bertambahnya usia SMB IV  yang 39 tahun.

“ Kita memang tidak melakukan  eforia atau pesta seperti  layaknya orang –orang merayakan ulang tahun  tapi cukup membaca yasin dan doa  selamat semoga  SMB IV  tetap diberikan kesehatan  dan juga diberikan kenikmatan yang lain dan bisa menjalankan amahnya sebagai  sultan  untuk mengembang misi Kesultanan Palembang Darussalam kedepan,” katanya.

Selain itu setelah membaca yasin dan doa menurutnya dilanjutkan  makan bersama dengan  ala ngidang  kemudian  bincang-bincang tentang program  Kesultanan Palembang Darussalam untuk tahun 2021.

“Disini  murni tentang  ulang tahun sultan dengan sederhana dan kita bicara program kedepannya ,” katanya.#osk