Peringati Hari Infanteri, Kodam II/Swj Gelar Karya Bhakti

5

Palembang, BP

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Korp Infanteri Ke-72 Tahun 2020, dengan tema “Infanteri Profesional Kuat Bersama Rakyat”, Kodam II/Swj menggelar kegiatan Karya Bhakti yang dipusatkan di Keramat Jong di Jalan Rejung RT. 03 RW. 01 Kelurahan Sako Kecamatan Sako Kota Palembang, Rabu (16/12) pukul. 07.45 .

Selain melibatkan para Prajurit TNI AD yang berasal dari Satuan Tempur/Banpur (Batalyon) dan Satuan Kewilayahan (Kodim dan Koramil), kegiatan Karya Bhakti ini juga melibatkan berbagai pihak seperti Kepolisian, HIPAKAD, FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), DLHK Kota Palembang, Dinas Kebersihan Kota, Dinas Pemadam Kebakaran serta masyarakat Kec. Sako dan pihak terkait lainnya.

Wakil Asisten Operasi (Waas Ops) Kasdam II/Sriwijaya Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos., M.I.Pol., mengatakan bahwa, kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan hari ini adalah dalam rangka HUT Ke-72 Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2020 mendatang.

Baca:  Pangdam Pimpin Sertijab Danyonif Raider 200/BN

Ia menjelaskan bahwa, Korp Infanteri merupakan bagian dari Angkatan Darat dan menurut sejarah Infanteri merupakan cikal bakal terbentuknya tentara di Indonesia yang sering dikenal dengan pasukan jalan kaki berjuang bersama Jenderal Besar Sudirman saat melaksanakan pertempuran di Ambarawa.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan peringatan HUT Infanteri melibatkan seluruh komponen masyarakat karena dalam sejarahnya tentara berasal dari rakyat bersama-sama Jenderal Besar Sudirman berjuang dalam merebut kemerdekaan. “Untuk itulah, sehingga hari ini kami memperingati Hari Infanteri dengan bersama-sama seluruh masyarakat dan komponen bangsa melaksanakan Karya Bhakti untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di Kota Palembang”, ujar Letkol A’an.

Baca:  Lapangan Yonif Raider Hujan Tembakan

Kegiatan Karya Bhakti ini menjadi simbol bahwa antara TNI dengan Rakyat masih berjuang bersama melanjutkan perjuangan pahlawan-pahlawan kita terdahulu dalam membantu menyelesaikan kesulitan rakyat dan mensejahterakan rakyat. “Diharapkan, kegiatan Karya Bhakti ini tetap menerapkan Protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Palembang”, tutupnya.

Adapun kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan adalah pembersihan aliran sungai Keramat Jong sepanjang 150 meter x 4 meter dan saluran air yang menjadi titik temu tiga kelurahan di Kec. Sako dan pengecatan Mushollah At-Tafzkir.

Baca:  PNS Jajaran Kodam II Sriwijaya Ikut di Vaksin Covid-19

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain ; Staf Ahli Bidang Keuangan, Pendapatan, Hukum dan HAM Kota Palembang, H. Altur Febriansyah, S.H, M.Si., Kasdim 0418/PLG Letkol Inf Prabowo, Pabandya Ops Sopsdam II/Swj Mayor Inf Eko Budiarto, Camat Sako Dr. Amiruddin Shandy, S.STp., Kapolsek Sako AKP Rians Suhendi serta beberapa Danramil jajaran Kodim 0418/PLG.

Tidak hanya di wilayah Sumsel, kegiatan Karya Bhakti dalam rangka memperingati Hari Infanteri ini, juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Korem jajaran Kodam II/Swj yang berada di wilayah Sumbagsel, baik Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka-Belitung.#osk