Musisi Senior Sumsel , Si Pencipta Lagu Pempek Lenjer , S Tarno Meninggal Dunia

11

BP/IST
Jenasah S Tarno di rumah duka, Sabtu (12/12)

Palembang, BP

Indonesia terutama provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Palembang kehilangan musisi senior seangkatan dengan musisi nasional (Alm)  Karel Simon,  yaitu S Tarno atau Sutarno Bin Kromoredjo , Sabtu (12/12)  meninggal dunia pukul 09.40  dalam usia 69 tahun di rumah dukanya di kawasan Pasar Lemabang Palembang.

Sekitar pukul 16.00 , almarhum di kuburkan di pemakaman umum Kandang Kawat Palembang.

Baca:  Kapolda Sumsel  Akan Panggil Kompol S Yang Pakai Baju Polisi Untuk Jadi Caleg
BP/IST
S Tarno semasa hidup

Dalam catatan , S Tarno merupakan mantan drummer band Eka Samudra, Golden Wings, No Wings,  Ureas band (PT. Pusri), Carnos

Beliau banyak menciptakan dan  memproduksi lagu-lagu  daerah Sumsel dan Palembang yang legenda hingga tingkat nasional diantaranya:  Pempek Lenjer, Petanglah Petang, Anak Umang, Oi Kakang, Libagian dll.

Menurut mantan Ketua Dewan Kesenian Palembang , Vebri Al Lintani melihat S Tarno meninggal dalam  idialismenya  tetap konsisten dalam berkesenian.

Baca:  Kapolda Sumsel  Akan Panggil Kompol S Yang Pakai Baju Polisi Untuk Jadi Caleg

S Tarno menurutnya pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumsel usulan  Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS).

“ Sumbangsih S Tarno sangat besar bagi Sumsel dan Palembang melalui lagu-lagunya yang menasional sayang perhatian pemerintah minim dengan  S Tarno masih minim , sehingga kedepan pemerintah harus serius dalam memperhatikan nasib seniman di Sumsel terutama di Palembang,” katanya, Minggu (13/12).

Baca:  Kapolda Sumsel  Akan Panggil Kompol S Yang Pakai Baju Polisi Untuk Jadi Caleg

Apalagi menurutnya  budayawan Sumsel ini  hingga kini regulasi pemerintah dalam menghargai seniman yang ada belum ada.

“ Selain itu harus ada iklim berkesenian kondusif   disamping regulasi kesenian bagi seniman dan itu tugas pemerintah yang hingga kini belum kita lihat,” katanya.#osk