“Untuk pilkada OI ini kita telah menempatkan petugas di 220 TPS yang tersebar di Kabupaten OI. Dari jumlah tersebut saat ini udah 74,5 persen suara sudah masuk. Hasilnya pasangan Panca-Ardani mengantongi 64,59 persean suara, sedangkan Ilyas- Endang 35,41 persen suara,” kata Direktur Riset Indomatrik, DR Muhammad Abdilah Asmara, ditemui disela-sela hitung cepat di Hotel Amaris Palembang, Rabu (9/12).

Menurut Abdillah, suara yang masuk memang belum 100 persen. Akan tetapi berdasarkan pengalaman yang sudah sudah, bila suara masuk sudah diatas 60 persen dan persentase keduanya terpaut cukup jauh, maka sangat sulit untuk terjadinya perubahan calon unggul. Paling persentasenya saja yang berubah.

’Saat ini sudah 74,5 persen surat suara, Panca 64,59 dan Ilyas 35,41 persean. Biasanya dengan keunggulan ini saya yakin tidak akan jauh berbeda dengan suara langsung. Sedangkan untuk siapa menang dan kalah itu wewenangnya KPUD,” ujarnya.

‘’Sejuh ini suarannya di 16 kecamatan itu unggul galo. 220 TPS yang disebar dari 895 TPS yang ada,” katanya.

Sekarang menurutnya suara memang baru masuk 74 persen. Namun walau semua TPS akan masuk, hasilnya tidak akan jauh beda dan sulit untuk mengubah pemenang. ‘’Karena perbedaan suara atara keduanya sangat jauh,” katanya.#osk