Home / Headline / SMB IV Apresiasi Refleksi Seni 2020 Anugerah Batanghari Sembilan Untuk Pekerja Seni dan Budaya  Di Sumsel

SMB IV Apresiasi Refleksi Seni 2020 Anugerah Batanghari Sembilan Untuk Pekerja Seni dan Budaya  Di Sumsel

BP/IST
 Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn saat berpoto bersama di acara Refleksi Seni 2020 Anugerah Batanghari Sembilan di Taman Budaya Sriwijaya , Jakabaring, Senin (7/12).

Palembang, BP

Dewan Kesenian Sumsel (DKSS) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Refleksi Seni 2020 Anugerah Batanghari Sembilan di Taman Budaya Sriwijaya , Jakabaring, Senin (7/12).

Turut hadir diantaranya Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, SP,M.Sc, Ketua DKSS Sumsel RH Syahril Erwin,SE

SMB IV mengapresiasi kegiatan tersebut dan dia melihat pemerintah sudah ada perhatian kepada para pekerja seni dan budaya di Sumsel dengan pemberian penghargaan kepada para pihak yang berjasa yang memperjuangkannya.

“Penghargaannya tersebut mungkin nilainya  tidak sebanding  dengan jasa-jasa mereka dalam memajukan budaya di Sumsel , tapi kita mengapresiasi penghargaan ini ,” kata SMB IV didampingi Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, dan Pangeran Jayo Syarif Lukman.

Sedangka  Gubernur Sumsel H Herman Deru melihat di era modernisasi banyak diantara kita termasuk yang duduk di pemerintahan dibuat terlena oleh kebudayaan barat yang belum tentu sesuai dengan adat istiadat ketimuran. Beruntung kita dibangunkan para pelaku dan pekerja seni yang senantiasa berupaya dengan segenap kemampuan mempertahankan sekaligus melestarikan budaya dan adat istiadat daerah.

“Mereka para pelaku seni yang membangunkan kita sekaligus menandakan kearifan lokal masih mendapatkan tempat yang terhormat di tengah-tengah masyarakat,” kata nya.

Deru lantas menyentil kenapa Malaysia justru bangga dengan kemelayuannya karena mereka menghargai sejarah. Padahal jika melihat sejarah Melayu pertama kali dibawa oleh putra Parameswara.

“Itulah salah satu alasannya kenapa Gubernur Sumsel didaulat untuk menjadi Ketua Dunia Melayu Dunia Islam Indonesia dan memimpin ke-21 provinsi yang memiliki keterikatan dengan kemelayuan.

Deru mengapresiasi kerja Dewan Kesenian Sumsel (DKSS) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel yang secara konsisten di tengah segaka keterbatasan menghelat kegiatan ini kurun waktu satu dasawarsa terakhir.

“Saya minta instansi terkait dan kita semua tanpa terkecuali untuk menjaga aset non benda yang kita miliki salah satunya kelestarian kearifan lokal kita,” katanya.

Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, SP,M.Sc menyebut ajang ini berusaha menggali sekaligus mencari seniman berprestasi di 17 kabupaten/kota se-Sumsel utamanya yang eksis kurun tiga tahun terakhir. Totak terkumpul sebanyak 63 seniman dari enam tangkai seni yang diseleksi oleh 18 dewan juri sesuai kompetensinya masing-masing.

“Dari jumlah tersebut di tiap tangkai diseleksi tiga nominasi dan hanya enam peserta yanh dinobatkan sebagai peraih anugerah Batanghari 2020. Ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap para pelaku seni dan budayawan di Sumsel yang melestarikan kebudayaan asli Sumsel,”katanya.

Sementara, Ketua DKSS Sumsel RH Syahril Erwin,SE menyebut pihaknya bertekad memberikan sumbangsih dalam memajukan kebudayaan dan seni di Sumsel sebagaimana yang telah ditunjukkan Pemprov Sumsel.

Dan setelah diseleksi ditetapkan enam pelaku seni peraih Anugerah Batanghari 2020. Yakni, A Rapanie Igama (Seni Sastra), M.Yunus (Seni Teater), Riri R Mukhsin (Seni Musik), Aang Sungkawa (Seni Tari), Sabda Prajaya (Seni Rupa) dan Jimmy Pieter (Seni Film). Seluruh pemenang masing-masing menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp10 juta dan piagam penghargaan.#osk

 

 

x

Jangan Lewatkan

Komisi VIII Salurkan Bantuan dan Tanam Pohon di Bencana Longsor Sumedang

Jakarta, BP–Anggota DPR RI FPKS, H. Nurhasan Zaidi bersama Pimpinan dan Sejumlah Anggota Komisi VIII DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ...