Menteri Kominfo: Media Berperan Penting Jaga Kualitas Demokrasi

3

Anggota MPR Azis Syamsudin

Jakarta, BP–Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, demokrasi kebebasan pers, kebebasan berpendapat merupakan point penting penentu kualitas Pilkada Serentak 2020.
Menurut Johnny, media massa berperan penting menjaga kualitas demokrasi sepanjang perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar 9 Desember 2020.
“Yang ada adalah tugas kita untuk maju ke depan meningkatkan kualitas kebebasan berdemokrasi, termasuk di semua ajang dan konstelasi politik yang sebentar lagi merayakan pesta demokrasi Pilkada serentak 2020,” ujar Johnny dalam diskusi Empat Pilar MPR RI di Media Center DPR, Jakarta, Senin, (7/12).
Jelang pemungutan suara, lanjut dia, banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah ‘hoax’ oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.
Namun, berdasarkan pengamatan Kominfo tren penyebaran berita hoax menurun, karena ada peningkatan kecerdasan literasi masyarakat Indonesia yang luar biasa, mulai dari kesadaran politik masyarakat yang enggan menindaklanjuti kabar buruk tersebut.
“Kalau dulu, isu sensitif yang terkait dengan SARA begitu luar biasa dibombardir dan mengisi ruang publik kita, tapi kali ini di Pilkada Serentak 2020 hampir tidak terjadi ruang digital kita,”kata Johnny.
Anggota MPR Azis Syamsudin menjelaskan, sulit membasni 200 persen berita bohong atau hoax, karena barang ini tetap hidup dan tetap ada selagi masyarakat menggunakan IT. Dan itu berkembang dari waktu ke waktu akan ada teknologi yang bisa dilike.
“Nah, kita semua sebagai pengguna IT diharapkan bisa meningkatkan kesadaran bahwa yang namanya medsos itu fungsi dan tugasnya untuk pemberitaan menambah ilmu pengetahuan, bermanfaat bagi sesama, bagi lingkungan, keluarga dan nusa bangsa,” jelasnya.#duk

Baca:  Syarief Hasan Jelaskan Fungsi MPR Kepada Siswa dan Orangtua