Lomba Membaca  dan Menulis Puisi Dr AK Gani Digelar di Bukit Seguntang

8

Poto:
Dinas Pariwisata Kota Palembang menggelar Lomba Membaca dan Menulis Puisi Dr AK Gani dalam rangka Fest Seguntang 2020, Sabtu (5/12) kegiatan diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Kota Palembang dan dari kabupaten/kota se-Sumsel.

Palembang, BP

Dinas Pariwisata Kota Palembang menggelar Lomba Membaca  dan Menulis Puisi Dr AK Gani dalam rangka Fest Seguntang 2020, Sabtu (5/12).

Kegiatan diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Kota Palembang dan dari kabupaten/kota se-Sumsel.

Acara di hadiri diantaranya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi , Wakil Walikota Palembang, Hj Fitrianti Agustinda, Direktur Museum Dr AK Gani Priyanti Gani, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani.

Wakil Walikota Palembang, Hj Fitrianti Agustinda mengapresasi kegiatan Lomba Membaca  dan Menulis Puisi Dr Ak Gani tersebut.

Kegiatan ini menurutnya akan menjadi event pariwisata yang pada akhirnya akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Palembang khususnya Bukit Seguntang.

” Tentunya ini perlu diberikan apresiasi dengan terselenggaranya Puisi Fest Seguntang tersebut. Dimana seperti yang kita ketahui bersama, dulunya di Bukit Seguntang ini sepi dan kerapkali menjadi tempat bertemu muda-mudi untuk memadu kasih. Sehingga lomba ini sendiri, tujuannya tidak lain supaya kawasan ini menjadi ramai dan banyak lagi wisatawan yang datang,” katanya.

Bahkan dikatakan Finda, untuk mampu baik dalam membacakan puisi dengan tema ataupun isi dari sebuah puisi ini tidaklah semudah membaca teks yang biasa.

Dimana untuk mampu bawakan puisi sesuai dengan isi yang ada pada puisi tadi, maka seseorang tadi harus bisa memahami dan meresapi secara total isi dari setiap kata yang terdapat dalam sebuah puisi. Selain itu, dirinya juga pernah mengalami dan beberapa kali pernah ikut lomba puisi yang ada di sekolah.

” Sangat jauh berbeda dengan caranya kita membaca teks yang ada selama ini. Sebab untuk membaca puisi, kita harus mampu mendalami serta juga dapat menghayati kata perkata yang ada di dalam puisi tadi. Bahkan dulu, puisi merupakan salah satu pelajaran untuk menambah nilai raport. Hanya saja, sekarang ini sudah jarang sekali dilakukan. Karena itu, saya harap dari sini peserta dan warga yang ada akan mendapatkan pelajaran bagaimana ini bisa membaca puisi yang baik, benar dan menjiwai isi puisi tadi,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata kota Palembang , Isnaini Madani  menambahkan , kegiatan ini merupakan salah satu dari kalender pariwisata Kota Palembang. Yang mana, untuk gelaran ini diikuti puluhan peeserta dari berbagai daerah  di Palembang dan sekitarnya. Selain itu, ini juga untuk meramaikan Bukit Seguntang dan mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Bukit Seguntang.

” Selain mengaja generasi muda untuk mempelajari puisi, juga untuk kenalkan Bukit Seguntang ke masyarakat. Saya harap, ini nantinya dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Palembang. Setidaknya ini juga mengajak generasi muda untuk mempelajari puisi dan juga mengajarkan puisi untuk generasi mendatang,” katanya.#osk

 

 

Baca:  Gubernur: Bukit Siguntang Hanya Bisa Dipertahankan Beberapa Hektar