Survei Terbaru Indopolling, Pengamat Prediksi H2G – Mulya Menangi Pilkada Mura

3

Palembang, BP

Pengamat Politik Sumatera Selatan Ade Indra Chaniago memprediksi petahana (incumbent) Kabupaten Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) yang berpasangan dengan H Mulyana akan memenangi pilkada serentak Kabupaten Musi Rawas, 9 Desember 2020 mendatang.

“Prediksi ini bukan tanpa dasar melainkan berdasarkan analisa informasi hasil survei terbaru dan saya lihat juga sudah tersebar di media sosial yang dilakukan beberapa lembaga survei,”ujar Dosen Politik Stisipol Candradimuka Kota Palembang ini, Kamis (3/12).

Menurutnya selain survei Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), informasi yang saya peroleh terbaru yakni hasil survei dari IndoPolling Data Indonesia yang dilakukan pada 27 November – 1 Desember 2020 dimana pasangan Calon (Paslon) H2G – Mulya unggul signifikan dari rivalnya Paslon H Ratna Mahmud – Hj Suwari.

Baca:  Dinilai Janggal, Chairil Syah - Mualimin Tolak Hasil Verifikasi Administrasi KPU

“Dari analisa data hasil survei simulasi kertas suara di lembaga tersebut, H2G – Mulya unggul elektabilitas diangka 67 persen sementara Ramah Berarti 27,7 persen serta belum menentukan pilihan 5,3 persen,”terang Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia ini (UI).

Lanjut mantan aktivis 98 ini mengatakan data tersebut mempertegas hasil survei sebelumnya dari LKPI dimana berdasarkan hasil simulasi kertas suara di lapangan H2G Mulya unggul diangka 60,7 persen sementara Ramah Berarti diangka 29,8 persen dengan pemilih mengambang sekitar  9,5 persen.

Baca:  Bawaslu Sumsel Tunggu Hasil Analisa DKPP

“Dari pertimbangan statistik inilah Incumbent diprediksi kembali akan memenangkan kontestasi Pilkada yang akan digelar pada tanggal 9 yang akan datang,”ujar Dia saat dimintai pendapat.

Ade mengatakan baik hasil survey Indopolling maupun LKPI selisih angka keduanya sangat sulit untuk dikejar. Yang menarik lagi kalau kita melihat pertanyaan tentang pengenalan dan kesukaan terhadap calon, hanya Incumbent yang Bedanya Nol Koma, sementara penantang nya justru timpang dengan selisih keduanya mencapai 8 %.

Baca:  Dansatgas TMMD Ke 104 Kodim 0418 Palembang Serahkan Hasil  TMMD ke-104 ke Pemkot

“Artinya paslon Incumbent antara pengenalan dan tingkat Kesukaan sangat Inherent dan hal ini tidak terjadi pada penantang nya,”ungkap Ade.

Pihaknya yakin hasil Pilkada 9 Desember nanti tidak akan berbeda dengan hasil survey. Kemudian ditambah lagi jika melihat hasil debat beberapa hari yang lalu.

‘Disitu sangat kelihatan terjadi perbedaan tajam dalam penguasaan masalah, data dan performa kandidat,”terang Ade Indra Chaniago.#osk/riil