SMB IV : “Kita Harus Bersinergi Dalam Menjaga Budaya Palembang”

6

BP/IST
Suasana acara Rentak Ulu Melayu TVRI Sumatera Selatan (Sumsel),  Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn  berkesempatan menjadi narasumber dalam acara tersebut, Kamis (26/11) di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang.

Palembang , BP

Dalam rangka mengisi acara Rentak Ulu Melayu TVRI Sumatera Selatan (Sumsel),  Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV  Jaya Wikrama, RM Fauwaz Diraja SH Mkn  berkesempatan menjadi narasumber dalam acara tersebut, Kamis (26/11) di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang.

Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Febri Irwansyah, dan Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Kesumo Abdul Ghofar, Pangeran  Mas’ud Khan,  Beby  Johan Saimima, dan Radenayu Rahmaniah.

Baca:  Kisah Leluhur SMB IV Yang Sempat “Terusir” Dari Palembang

Juga hadir Kepala Dinas Kebudayaan Palembang Hj Zanaria Sip Msi dan jajaran serta siswa dan siswi MAN 3 Palembang yang ikut mengisi acara tersebut.

Sebelum acara Rentak Ulu Melayu, SMB IV dan jajaran bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Kebudayaan Palembang Hj Zanaria Sip Msi dan jajaran di kantor Dinas Kebudayaan Kota Palembang bersebelahan dengan Museum SMB II.

“ Ada ada acara Rentak Ulu Melayu di Museum SMB II , jadi sekalian kita kesana , sekalian kita bersilaturahmi juga  kepada Dinas Kebudayaan  kota Palembang, kesimpulannya kita akan mensuport kegiatan-kegiatan dari Dinas Kebudayaan kota Palembang , karena kita harus bersinergi dalam  menjaga budaya Palembang, tidak bisa sendiri-sendiri  tapi  perlu peranan dari  seluruh komponen masyarakat Palembang dalam membangun budaya Palembang,” kata SMB IV.

Baca:  Bank Mandiri : Pemberian Nama  Masjid SMB Kewenangan Yayasan Masjid Agung Palembang

Sedangkan di acara Rentak Ulu Melayu , SMB IV menjelaskan ditampilkan lagu-lagu yang dinyayikan oleh Beby  Johan Saimima, ada pembacaan syair oleh Pangeran Suryo Febri Irwansyah serta  tari-tarian oleh siswa dan siswi MAN 3 Palembang.

“ Saya tadi memberikan sambutan juga  dan juga ditanya asal-usulnya  oleh MC tadi dan saya juga menceritakan mengenai sejarah Kesultanan Palembang Darussalam , apalagi sekarang Kesultanan Palembang Darussalam berfungsi sebagai penjaga warisan budaya Palembang ,” katanya sembari mengapresiasi kegiatan Rentak Ulu Melayu dan pertemuan  dengan Kepala Dinas Kebudayaan Palembang Hj Zanaria Sip Msi dan jajaran.

Baca:  SMB IV Berkirim Surat Kepada Kemenhan RI Agar BKB  Bisa  Di Revitalisasi Oleh TNI

Sedangkan Pangeran Suryo Febri Irwansyah menambahkan  dirinya dalam acara Rentak Ulu Melayu membaca syair Sultan Mahmud Badaruddin II didepan Museum SMB II.

“ Yuk Bebi nyayi lagu Cek Ayu dan Ya Saalam, ciptaan Iir Stone dan tadi ada tarian dari anak-anak MAN 3 ,” katanya. #osk