Home / Headline / 20 November Surat Suara 7 Kabupaten di Sumsel Tiba

20 November Surat Suara 7 Kabupaten di Sumsel Tiba

BP/IST
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana dan jajaran saat melihat percetakan surat suara untuk 7 Kabupaten di pabrik percetakan di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur, Rabu (18/11).

Palembang, BP

Surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bagi 7 Kabupaten se Sumsel yang menggelar Pilkada serentak 2020 akan tiba di KPU Kabupaten masing- masing pada 20 November mendatang.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, surat suara untuk Pilkada 2020 saat ini dalam proses percetakan dan akan digunakan pada 9 Desember nanti.

“Sesuai jadwal, tanggal 19 November berangkat dari pabrik percetakan di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur, dan 20 November diterima KPU Kabupaten,” kata Kelly, Rabu (18/11).

Menurut Kelly, nantinya pengangkutan surat suara dan beberapa alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lainnya diangkut dengan truk dan diawasi pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta pengawalan dari pihak kepolisian.

“Nanti bisa saja diangkut dengan 3 mobil truk, dengan rute berbeda- beda. Seperti OKU, OKU Timur dan OKU Selatan satu rute, PALI dengan OI, dan Musi Rawas dengan Muratara,” katanya.

Selain itu, surat suara dicetak oleh Temprina Media Grafika (pemenang tender secara nasional), perusahaan percetakan media cetak yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dan dilakukan pengawasan oleh Bawaslu masing- masing.

Sedangkan surat suara yang dicetak merupakan hasil kesepakatan dengan LO pasangan calon, dan formatnya sesuai aturan yang ada.

“Untuk gambarnya merupakan hasil finalisasi yang telah disepakati dengan LO pasangan calon, sebelum dicetak secara massal. Untuk ukuran hampir sama, mungkin hanya formatnya saja, kalau satu paslon hampir sama dengan dua paslon, karena ada untuk pilihan kotak kosong, sedangkan tiga ukurannya surat suaranya saya rasa sama tapi kolomnya agak kecil, karena ada tiga kolom,” katanya.

Mengenai jumlah surat suara yang dicetak, Kelly menyatakan jumlahnya sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU Kabupaten sebelumnya.

“Dicetak sesuai DPT plus 2 persen dari DPT masing- masing,” katanya.

Sebelumnya dari 7 Pilkada serentak se Sumsel 2020 yaitu, sebanyak 1.832.660 pemilih, yang tersebar di 5.477 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada.

Rinciannya Kabupaten Musi Rawas (Mura) tedapat dua pasangan calon, dengan 283.783 pemilih di 814 TPS, Musi Rawas Utara (Muratara) 143.382 pemilih di 427 TPS dengan 3 pasangan calon.

Lalu Ogan Komering Ulu (OKU) terdapat 1 paslon melawan kotak kosong dengan 257.188 DPT di 725 TPS, OKU Timur terdapat 464.428 DPT dengan 1.315 TPS yang terdapat dua paslon yang tidak lain masih kerabat Gubernur Sumsel Herman Deru, OKU Selatan terdapat 259.301 DPT di 893 TPS dengan satu paslon melawan kotak kosong.

Kemudian Ogan Ilir (OI) sebanyak 294.729 DPT di 895 TPS dengan dua paslon dan terakhir Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terdapat dua paslon, dengan 129.849 pemilih yang tersebar di 408 TPS yang ada.#osk

 

 

x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR Ajak Mahasiswa KOSGORO Terapkan Semangat Solidaritas

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, hasil survey Lembaga Riset CESPELS (Center for Social, Political, Economic and Law ...