Home / Headline / Komunitas Pecinta Sejarah Adakan MILAD KE-6 tahun dengan Tema “Silatuhrahmi dan Temu Kangen komunitas PESE”

Komunitas Pecinta Sejarah Adakan MILAD KE-6 tahun dengan Tema “Silatuhrahmi dan Temu Kangen komunitas PESE”

Palembang, BP

Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) FAHUM – UIN Raden Fatah Palembang, Adakan peringatan Milad yang KE-6 tahun mengususung tema “Silatuhrahmi dan Temu Kangen komunitas PESE”. Acara ini dilaksanakan di Museum Negeri Sumatra Selatan yang dihadiri oleh kakanda dan Ayunda MPK (Majelis Permusyawaratan komunitas), serta anggota PESE angkatan 1-7 serta Pembina Komunitas, Kemas A.R. Panji, M.SI. Minggu (15/11).

Kegiatan Milad diisi dengan kegiatan Ramah tamah, diskusi dan sharin antara Pebina dan Pengurus serta Seluruh Anggota yang hadir, diisi juga Outbond Mini, Potong Tumpeng. Dalam kegiatan ngobrol santai dan sharing pembina komunitas PESE, Kemas A.R. Panji, M.Si. memberikan wejangan “Kedepan PESE setelah eksis selama 6 angkatan, harus ada evaluasi dan pengembangan program kegiatan, seperti membuat karya tulis ilmiah, meningkatkan prestasi dan nama baik komunitas,” ujar Kemas Ari yang juga dosen FAHUM di Prodi Sejarah Peradaban Islam.

Masih menurut Kemas A.R. Panji,  PESE harus terus berproses dan maju untuk mengembangkan komunitas, yang didukung aktif oleh anggota semua angkatan terkhusus yang diberikan amanah sebagai pengurus. Komunitas pencinta sejarah untuk selalu aktif dalam mengembangkan dan cipta karya-karya tulis maupun yang anggotanya sdh mencapai 100 orang anggota yang telah bergabung.

Diriwayatkan oleh senior-senior (MPK) yang hadir bahwa dahulunya komunitas ini didirikan oleh anak-anak Prodi sejarah yang cinta akan sejarah, dan mempunyai keinginan untuk belajar sejarah. Awal terbentuknya komunitas pecinta sejarah ini berawal dari 4 orang mahasiswa sejarah (SPI) yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

mereka berpikir bagaimana cara untuk memberikan apresiasi dan wadah belajar untuk mahasiswa Sejarah itu sendiri, maka terbentuklah komunitas PESE sebagai wadah belajar tambahan diluar kelas, karena terkadang masih banyak yang belum mengerti dan paham atas apa yg diajarkan. membentuk komunitas pecinta sejarah ini adalah untuk wadah mahasiswa yang memng benar-benar ingin belajar dan menggali sejarah untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang tidak dapat di ajarkan dalam kelas.

Saat ini komunitas pecinta sejarah juga akan segera melakukan pemilu untuk menentukan pergantian kepengurusan yang ke 6, untuk itu komunitas pecinta sejarah berharap bahwa dengan adanya komunitas ini mahasiswa-mahasiswa sejarah yang bergabung akan menciptakan karya dan mengembangkan potensi untuk memajukan komunitas maupun akademik.

Ketua Umum komunitas PESE, Suryo Arief Wibowo memberikan penjelasan bahwa “Milad PESE yang ke-6 ini adalah ajang temu kangen dari keanggotaan lintas angkatanm diharapkan sebagai sebuah wadah/kegiatan yang bisa menyatukan kita semuanya, di umur yang ke-6 ini “Saya berharap bahwa komunitas PESE selanjutnya akan menjadi komunitas yang besar, dan tetap solid dalam keanggotaan serta menjaga ukhuwah islamiah.

Lain pula dengan tanggapan anggota lainnya, Sherly Habso dia berpendapatan bahwa jika dirinya pribadi mengenai untk acara ini sendiri sangat menyenangkan, karena bisa berkumpul bersama dengan seluruh anggota dan kakak2 MPK, apalagi pada masa pandemi covid-19 ini. Selama gabung di pese ini, banyak sekali ilmu-ilmu yang bisa di dapatkan.

Dari hal-hal yang sudah kita ketahui maupun yang belum kita ketahui, karena itu bisa membuka wawasan kita lebih luas lagi, kita bisa berbagi ilmu kepada adik-adik yang bergabung di komunitas pese sendiri. Dan dia merasakan bahwa bergabung di komunitas pese ini sangatlah menyenangkan. #osk/rill

x

Jangan Lewatkan

Musda BKPRMI Palembang Deadlock

Palembang, BP Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Palembang di Hotel Amaris, Sabtu (28/11) ...