Home / Headline / SMB IV di Minta Jadi Pembina Komunitas Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara 

SMB IV di Minta Jadi Pembina Komunitas Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara 

BP/DUDY OSKANDAR
Komunitas Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara  dipimpin Rohana dan sejumlah pengurus lainnya, Rabu (11/11)  bersilaturahmi bersama Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam  yang terletak di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang.

Palembang, BP

Komunitas Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara  dipimpin Rohana dan sejumlah pengurus lainnya, Rabu (11/11)  bersilaturahmi bersama Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam  yang terletak di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang.

Turut hadir  Pangeran Suryo Febri Irwansyah, dan Beby  Johan Saimima.

Menurut Ketua Komunitas Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara  Rohana, kedatangan mereka ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam ini untuk bersilaturrahim  dengan Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayo Wikramo Raden Muhammad Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn.

 

“Kami  ke sini sowan kepada SMB IV , untuk membentuk komunitas ini  untuk melegalkan  agar kami semakin lancar untuk perkumpulan ini,”katanya.

 

Komunitas ini menurutnya, sudah memiliki 400 anggota lebih , yang terdiri dari pedangang, pencinta kuliner dan pembeli kuliner.

 

“Andalan kita banyak seperti kue basah khas Palembang, kue moderen, pempek dan keturunannya, bakso serta makanan sehari-hari untuk lauk pauk,” katanya.

 

Selain itu menurut, Rohana, perkumpulan ini dibentuk tujuannya juga  untuk membantu teman-teman yang terdampak dari covid-19 ini  yang selama ini bisa berusaha dan berkerja tapi sekarang karena keadaan seperti ini sehingga perlu dibantu.

 

“Jadi semuanya kita rangkul , kita bina untuk bisa menghasilkan untuk nafkah keluarga. Kita kesini pertama kita menjaga kearipan lokal tadi, kita menghormati  dari Kesultanan ini dan kedua dari Sultan sendiri  adalah notaris, kita berkonsultasi bagaimana membentuk organisasi .Kita juga meminta sultan menjadi pembina dari pedagang dan pecinta kuliner ini,” katanya.

Pihaknya berharap langkah mereka tidak sampai disini  tapi melebar ke nusantara dan dapat menggali kekayaan Palembang dan kekayaan kuliner Palembang.

Sedangkan SMB IV mengatakan, kedatangan pengurus Komunitas Pedagang dan Pecinta Kuliner Nusantara, ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam untuk menjadikan dirinya pembina.

“ Karena mereka ingin  supaya kuliner ini yang merupakan kebudayaan kita di masa lalu ini tetap hidup dan juga bisa bersinergi , bagaimana meningkatkan wawasan generasi muda bahwa kuliner-kuliner ini  memiliki arti penting peninggalan dari warisan masa lalu,” katanya.

Komunitas ini juga dia lihat tujuannya sangat positip dimana mereka akan mengembangkan kembali  bagaimana pedagang-pedagang ini  saling memberikan masukan, saling membantu supaya di era pandemi ini bisa eksis dan survive.#osk

 

 

x

Jangan Lewatkan

Diburu Selama 4 Bulan, Akhirnya Ditangkap

Palembang, BP Anggota Unit Pidum dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang meringkus Dedi Irawan alias Jedet (38). Warga Jalan Faqih ...