Home / Headline / Herman Deru Sebut SMB IV Sosok Yang Peduli Dengan Budaya Sumsel

Herman Deru Sebut SMB IV Sosok Yang Peduli Dengan Budaya Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru bersama SMB IV saat saat melihat stand KPD bersama SMB IV  usai membuka Pameran Bersama Museum Negeri Sumatera Selatan, Balaputra Dewa Selasa (10/11).

Palembang, BP

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru memuji  Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn yang dinilainya sosok yang peduli dengan budaya di Sumsel.

“ Kemarin saya juga buka di Museum (Museum Negeri Sumatera Selatan, Balaputra Dewa) , dengan penuh rasa bangga,  ada orang-orang yang masih peduli , ada Sultan Mahmud Badaruddi IV hadir juga dan banyak  tokoh lain, saya berterima kasih  bersusah payah mewujudkan ini, kita ini Sumsel , tapi ini alat pemersatu dan bukan alat memecah belah bangsa,”kata Gubernur saat memberikan kata sambutan dalam Pekan Adat Sumsel di Bukit Seguntang, Kamis (12/11).

Herman Deru mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Adat Sumsel, karena disini ditampilkan tarian, lagu dan pakain adat daerah.

“Kita bangga jadi orang Sumsel. Bahkan saya ingin mengaktifkan kepengurusan adat di kecamatan dan desa. Walaupun kegiatan Pekan Adat ini belum maksimal tapi lumayan sebagai wujud identitas kita ,” ujarnya.

“Saya ingin kegiatan seperti ini jadi prioritas utama. Untuk menunjukkan kita bangga sebagai warga Sumsel. Saya sangat mengapresiasi Paguyuban Nusantara Bersatu yang dibentuk Pak Syarial. Semua anak emas,” tuturnya.

“Dirinya ingin OPD menganggarkan anggaran untuk kegiatan Bahasa. “Saya minta ada laboratorium bahasa. Karena adat ini alat pemersatu bangsa bukan pemecah bangsa. Kalau ngomong adat, aku bersemangat,” katanya.

 

Menurutnya, Sumsel sangat kaya akan tradisi budaya yang baik dan harus diwariskan pada generasi muda mendatang.

“Adat adalah warisan budayanya yang wajib kita lestarikan. Untuk itu usaha kita untuk melindungi memanfaatkan dan mengembangkan kebudayaan harus terus menerus dilakukan. Karena kalau tidak, generasi muda kita akan kehilangan arah jati diri,” katanya.

Menurutnya, sekecil apapun adat istiadat yang ada di Sumsel harus dijaga.

Terlebih di Sumsel ini ada 51 adat dan suku yang harus tetap dijaga dan bersatu.

Menanggapi hal tersebut SMB IV mengapresiasi sambutan Gubernur Sumsel H Herman Deru yang mengatakan dirinya sosok yang peduli  budaya dan peninggalan adat terutama di kota Palembang.

“ Karena pak Gubernur juga mengatakan, kita ini terdiri dari berbagai macam suku, yang itu bukan menjadi perbedaan tapi menjadi persatuan kita bersama , keanekaragaman itu adalah kehidupan di Sumsel yang menjadikan masyarakat Sumsel bersatu,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi menambahkan, Pekan Adat Sumsel ini sangat mendukung terutama di kondisi ekonomi saat ini yang sedang terpuruk.

“Kegiatan adalah langkah dari Pemprov yang didukung asosiasi, pemda kabupaten dan kota untuk melestarikan budaya,” katanya.

“Kita melaksanakan even ini dengan mematuhi protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kegiatan Pekan Adat Sumsel ini untuk mendukung pariwisata agar menggeliat lagi,” bebernya.

“Dari Pekan Adat Sumsel ini untuk mendukung pariwisata, karena kita menampilkan karnaval, pameran pemeran adat dan lainnya.

Karena kondisi keuangan sekarang sedang fokus untuk covid-19, maka kita buat seperti ini. Tahun depan akan kita buat lebih besar,” katanya.#osk

 

Berikut jadwal kegiatan Pekan Adat Sumsel yang dilaksanakan di Bukit Seguntang wilayah Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang.

Acara di tanggal 12 November
• Karnaval Busana Adat
• Demo Lukis
• Pelatihan Aksara Pallawa

Acara tanggal 13 November

  • Lomba melukis model pakaian adat
    • Pelatihan Aksara Ulu
    • Pagelaran tradisi lisan Sumsel (13-16 November)

Acara tanggal 14-15 November
• Lomba musikalisasi puisi

Acara tanggal 16 November
• Lomba permainan rakyat

Acara tanggal 17 November
• Pelatihan Aksara Ulu.

 

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR Ajak Mahasiswa KOSGORO Terapkan Semangat Solidaritas

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, hasil survey Lembaga Riset CESPELS (Center for Social, Political, Economic and Law ...