Tunjangan Guru Honor Rp500 Ribu Perbulan Dianggarkan di APBD Sumsel Tahun 2021

8

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota Komisi IV DPRD Sumsel Askweni

Palembang, BP

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dari Fraksi PKS, Askweni memastikan di APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2021  tunjangan guru honor Rp500 ribu/perguru  setiap bulan  akan dianggarkan.

“ Sesuai permintaan kita ditahun 2020 kemarin yang belum di akomodir ditahun 2021 sesuai janji  Gubernur juga, kabarnya Rp500 ribu perguru, usulan kita kemarin setinggi-tingginya,” katanya, Kamis  (5/11).

Baca:  KSPSI 1973 Provinsi Sumsel Gelar HUT Ke-48 KSPSI 1973

Mengenai jumlah yang akan dianggarkan, Askweni mengaku tidak ingat namun menurutnya  jumlah honor di Sumsel sekitar 11 ribuan.

“ Nanti guru –guru honor ini akan diseleksi yang memenuhi syarat, kalau dulu syaratnya S-1 linier dengan mata pelajaran yang diajarkan, termasuk lama tahun mengajar, jam mengajar, seminggu berapa, mungkin dibatas 10 jam  perminggu,” katanya.

Baca:  Update 20 Mei: Tambah 49 Kasus, Pasien Corona di Sumsel Tembus 646 Jiwa

Selama ini menurutnya guru honor juga mendapatkan honor dari kabupaten kota , malahan di kabupaten Musi Banyuasin (Muba) honor guru honor sudah masuk Upah Minimun Regional (UMR) sampai Rp4 juta perbulan.

“ Ada yang mendapat honor di kabupaten kota sangat rendah,  dulu guru honor banyak mendapatkan bantuan ada namanya BKG , Bantuan Khusus Guru, kalau murid bantuan khusus murid, ada uang makan , lauk pauk ,” katanya.

Baca:  Kapolda Sumsel Ajak Sukseskan Pemilukada di Sumsel Yang Kondusif, Damai dan Sejuk

Pihaknya mengharapkan tunjangan guru honor ini rutin dianggatkan tiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Sumsel .#osk