Ultimate magazine theme for WordPress.

Pembina Adat Sumsel Akan Gelar” Rembuk Adat”

BP/IST
Albar S Subari SH SU

Palembang, BP

Pembina Adat Sumatera Selatan akan menggelar acara ‘Rembuk Adat’ dalam rangkaian kegiatan Pekan Adat Sumsel tahun 2020. Acara akan berlangsung di Hotel Swarna Dwipa pada 11 November 2020 mendatang.
Ketua Pembina Adat Sumsel Albar Sentosa Subari SH SU mengatakan, acara rembuk adat akan membahas rencana kerja Pembina Adat Sumsel.
“Kegiatan akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Berlangsung mulai pukul 16.00 hingga 22.00,” katanya, Rabu (4/11).
Peserta, merupakan perwakilan dari kabupaten/kota di Sumsel. Lantaran saat ini masih situasi Covid-19, maka tiap daerah hanya mengutus perwakilan satu orang saja.
Dalam kegiatan Rembuk Adat, ia melanjutkan, dirinya selaku ketua umum akan menyampaikan program-program tentang pemberdayaan masyarakat adat di Sumsel. Program-program tersebut nantinya akan diadopsi untuk membuat peraturan daerah (perda) provinsi dan peraturan daerah kabupaten/kota, sesuai amanah Pasal 18 B ayat 2 UUD 1945, yang mensyaratkan harus didasarkan dengan peraturan perundang undangan.
“Pada umumnya di Sumsel, belum seluruhnya ada perda itu. Lalu, kita akan merumuskan perda kabupaten/kota beserta provinsi soal pelestarian adat istiadat di Sumsel,” katanya.
Diharapkan ada dua perda yang akan dibuat nantinya. Yakni Perda Masyarakat Adat dan Perda Pelestarian Adat Istiadat. “Hal ini secara global akan disampaikan oleh saya selaku ketua,” katanya.
Kemudian, ia melanjutkan, Sekretaris Pembina Adat Sumsel, Erwan Suryanegara akan menjabarkan secara terperinci program jangka pendek, menengah, dan panjang. Dengan harapan, kabupaten/kota bisa mengadopsi di dalam perda masing-masing.
“Terakhir, pembahasan dari apa yang telah disampaikan tadi. Peserta dari kabupaten/kota bisa bertanya dan berdiskusi apa yang perlu ditambah atau dikurangi,” katanya.
Akhir dari rembuk adat itu, ia mengatakan, akan dirumuskan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait.
Adapun Pekan Adat Sumatera Selatan 2020 akan dipusatkan di Taman Bukit Siguntang, 12-17 November mendatang. Beberapa event yang diagendakan, pergelaran tradisi lisan, lomba melukis model berpakaian adat, pelatihan aksara ulu, jawi, dan palawa. Kemudian lomba musikalisasi puisi, karnaval busana adat, serta lomba permainan rakyat.#osk

Baca:  Pembina Adat Sumsel Sambut  RUU Masyarakat Adat
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...