Home / Headline / Ruas Jalan Negara, Sumsel-Bengkulu Longsor, DPRD Sumsel Harapkan  Penanganan Dari Balar Besar Jalan Nasional

Ruas Jalan Negara, Sumsel-Bengkulu Longsor, DPRD Sumsel Harapkan  Penanganan Dari Balar Besar Jalan Nasional

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota Komisi IV DPRD Sumsel Askweni

Palembang, BP

Terkait  sejumlah kerusakan jalan negara  di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  akibat longsor dan jalan amblas  seperti yang terjadi di ruas Jalan Sumsel-Bengkulu  via Tanjung Sakti.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel  Askweni pihaknya mengharapkan penanganan secepatnya dari pihak Kementrian PU  dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Palembang agar mengambil tindakan cepat , karena jalan negara ini selama ini menjadi urat nadi perekonomian masyarakat terutama sebagai sarana transportasi masyarakat Sumsel.

“ Kalau itu bisa memenuhi syarat  kenapa tidak dana penanggulangan bencana provinsi Sumsel mungkin bisa pemasangan turap dan bronjong untuk penanganan tersebut , yang jelas kita minta kepada Gubernur dan Balar untuk cepat mengambil tindakan , gesit dalam melakukan penanganan bencana-bencana tersebut,” katanya, Selasa (3/11).

Selama ini menurut politisi PKS ini,  koordinasi Komisi IV DPRD Sumsel dan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Palembang sudah beberapa kali melakukan pertemuan  namun yang dibicarakan kemarin pelebaran jalan  ruas Palembang – Pangkalan Balai yang sebelumnya terkendala pembebasan lahan.

“ Untuk longsor ini belum ada koordinasi  karena antara Komisi IV dan Balar itu khan tidak ada hubungan hirarki, itu artinya mewakili aspirasi masyarakat saja kita menyampaikan persoalan  seperti kemacetan di jalan  ruas Palembang – Pangkalan Balai ternyata ada pelebaran jalan, itu kemarin terhambat soal pembebasan lahan,” kata mantan anggota Komisi V DPRD Sumsel ini.

Pihaknya pernah juga ke Kementrian PU terkait Jalan di Musi Banyuasin , terutama masalah tender yang beberapa tahun ini gagal, pihaknya akan mempertanyakan tahun ini .

“ Kalau kita lihat dari ruas  Kayu Agung Palembang nampaknya sudah bagus tapi ruas Jalan negara Palembang –Sekayu , karena Balai ini kalau enggak kita tanya  mereka tidak akan memberikan laporan karena hubungannya ke Kementrian PU, jadi kami  tentu aspirasi masyarakat, kalau ada kerusakan jalan di Musi Banyuasin sampai ke Bayung Lencir kita akan  tanya segera, akan kita panggil pihak balai, bila perlu kita ke Kementrian PU untuk menanyakan perkembangan terakhir perawatan jalan negara di Sumsel,” katanya.

Dia mencatat sejumlah ruas jalan negara yang rawan seperti di Palembang-Lahat, Palembang-Pagaralam yang kini ada tanah longsor lalu Palembang-Jambi termasuk Palembang –Lubuk Linggai melalui Sekayu.

“ Kalau ruas Pematang Panggang sampai Lampung itu sudah ada jalan tol sehingga beban jalan tidak berat lagi, kalau jalan tol Ruas Palembang-Jambi baru sampai Betung  ,” katanya. #osk  

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Teror Kembali Terjadi di Sulteng Hendardi: Pemerintah Jangan Lengah

Jakarta, BP–Aksi teror dan ekstremisme-kekerasan kembali terjadi di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. ...