Home / Headline / Dukun Palsu Ditangkap

Dukun Palsu Ditangkap

BP/IST
Adi Rohman (27) yang merupakan seorang dukun palsu  ditangkap Polres Banyuasin karena diduga menipu korbannya hingga mengalami kerugian ratusan juta lebih

Palembang, BP

Adi Rohman (27) yang merupakan seorang dukun palsu  ditangkap Polres Banyuasin karena diduga menipu korbannya hingga mengalami kerugian ratusan juta lebih. Tersangka menipu korban dengan cara melakukan penarikan emas batangan dengan cara gaib, dan ternyata emas tersebut palsu. Kini istri pelaku berinisial Lr jadi buronan polisi.

Tersangka di tangkap setelah dilaporkan korbannya, Ending,66, warga jalan Talang Ilir  Kelurahan Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Dari informasi dihimpun, kejadian bermula ketika pelaku bernama Adi Rohman (27), datang bersama istrinya ke rumah korban yang terletak di Kelurahan Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Kamis (10/9) sekitar pukul 09.00 .

Sepasang suami istri yang merupakan warga Jambi tersebut awalnya mengaku sebagai dukun, yang dapat mengobati penyakit korban. Setelah beberapa kali melakukan terapi, tersangka mengaku bahwa dari hasil terawangannya di bawah rumah korban terdapat emas batangan, yang bisa ditarik secara gaib asalkan korban bersedia membayar mahar yang ditentukan.

Tertarik dengan bujuk rayu pelaku, akhirnya korban percaya dan menyerahkan uang sebagai syarat dan mahar yang di tentukan. Seperti membeli minyak khusus, dan syarat lainnya untuk dapat mengangkat emas yang ada di bawah rumah korban.

Setelah 5 kali memberikan uang tunai, kemudian pelaku memberikan beberapa emas bayangan kepada korban. Namun ketika diperiksa, korban pun tersadar bahwa emas tersebut Merupakan emas tiruan alias palsu. Merasa telah tertipu korban pun melaporkan hal ini ke Polsek Talang Kelapa.

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar melalu Kapolsek Talang Kelapa AKP Haris Munandar Hasmi mengatakan setelah mendapatkan laporan dari korban, pihaknya langsung melakukan penyelidikan mencari keberadaan pelaku.

“Setelah mendapat informasi keberadaan pelaku, Anggota Polsek Talang kelapa melakukan penangkapan terhadap pelaku an Adi Rohman Di Jalan Talang ilir Kelurahan Sukomoro. kemudian tersangka dibawa kepolsek untuk dilakukan pemeriksaan dan proses sidik,” katanya, Minggu (1/11).

Dari Kejadian ini, Kata Kapolsek, pihaknya mengamankan barang bukti  19 tiruan emas batangan (Logam Mulia Palsu) seberat 1 Kg. Atas kejadian ini korban ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp 146 Juta.

“Saat ini kita sedang mencari keberadaan istri pelaku yang sudah kita tetapkan sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang). Untuk pelaku bisa dikenakan pasal Penipuan dan/atau Penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 dan / atau 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” katanya.#osk

 

 

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

RAPBD 2021 Sumsel Rp10,8 Triliun, Pengamat Ekonomi Ingatkan Hal Ini Ke Pemprov Sumsel

Palembang, BP DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  menggelar rapat paripurna dengan agenda penandatanganan  nota kesepakatan  bersama  antara Pemerintah Provinsi Sumsel  ...