Home / Headline / Herman Deru Kukuhkan Gubernur Gorontalo Sebagai Ketua DMDI Provinsi Gorontalo

Herman Deru Kukuhkan Gubernur Gorontalo Sebagai Ketua DMDI Provinsi Gorontalo

BP/DUDY OSKANDAR
Gubernur Provinsi  Gorontalo, Rusli Habibie berserta JK Merah  Putih Community (JKMPC) dijamu Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru dalam acara Welcome Dinner dan ramah tamah , Kamis (29/10) di Griya Agung, Palembang. Dalam kesempatan itu juga Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang juga Presiden Dunia Melayu Islam (DMDI) di Indonesia mengukuhkan Gubernur Provinsi  Gorontalo, Rusli Habibie menjadi Ketua DMDI Provinsi Gorontalo.

Palembang, BP

Gubernur Provinsi  Gorontalo, Rusli Habibie berserta JK Merah  Putih Community (JKMPC) dijamu Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru dalam acara Welcome Dinner dan ramah tamah , Kamis (29/10) di Griya Agung, Palembang.

Dalam kesempatan itu juga Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang juga Presiden Dunia Melayu Islam (DMDI) di Indonesia mengukuhkan Gubernur Provinsi  Gorontalo, Rusli Habibie menjadi Ketua DMDI Provinsi Gorontalo.

Gubernur Provinsi  Gorontalo, Rusli Habibie mengaku acara ini merupakan penghargaan buat dirinya karena sudah dikukuhkan dirinya sebagai Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI)  Provinsi Gorontalo.

“ Beliau ( H Herman Deru) sudah kukuhkan saya sebagai Datuk Sri Rusli Habibie dan mandatnya secara simbolis sudah dilakukan tadi, ini penghargaan buat saya  termasuk masyarakat Provinsi Gorontalo, ini penghargaan yang luar biasa mendapat gelar dari beliau langsung, tanggungjawab besar mengangkat kebudayaan dan adat istiadat melayu dan kita enggak salah , provinsi Gorontalo itu  penyebaran Islam di Gorontalo itu  melihat melayu,” katanya usai acara.

Di Gorontalo menurutnya terkenal  dengan falsafah hidup Adat bersendi syarak, syarak bersendi Kitabullah.

“ Jadi ini enggak bisa di pisahkan, adat, budaya, agama dan pemerintah,” katanya.

Selain itu dia menilai, Gubernur Sumsel adalah sosok yang tidak menjaga jarak dengan masyarakat dan suka turun ke masyarakat dan pengalaman-pengalaman  dari masyarakat  akan di bawa ke Gubernur, apalagi dia melihat Gubernur Sumsel dikenal “cerewet” jika rapat di pusat.

Terkait pemberian mandat sebagai Ketua DMDI Provinsi Gorontalo kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Gubernur Sumsel H Herman Deru  mengaku sudah menelusuri sosok Rusli Habibie bukan hanya lewat google tapi juga  mempelajari bibit, bobot dan bebet.

“Bahwa DMDI ini adalah sebuah organisasi yang besar, organisasi melayu dan Islam  di dunia dan kebetulan presidennya adalah Sultan Malaka sekarang , kenapa Sumatera Selatan ditunjuk sebagai  Ketua DMDI di Indonesia ini karena ada sejarahnya, jadi kerajaan Melayu di Malaka itu  di bentuk oleh anaknya Parameswara,” katanya.

Apalagi menurut Gubernur,  Parameswara itu adalah orang berasal dari Sumsel  pada awalnya.

“Sebenarnya sudah genetik,  makanya saya minta bantu sama kawan-kawan khususnya yang punya kapasitas, punya kecintaan kepada adat, seni, budaya dan ini bang Rusli Habibie yang saat ini sudah kita panggil Datuk Sri, mudahan beliau akan mengemban amanah ini  yang tidak sederhana , bagaimana mengembangkan  adat budaya melayu dimulai dari pakaian dan sikap,” katanya.

Dan kedepan menurut Gubernur,  bagaimana menyelaraskan antara perkembangan melayu dan Islam dan ini dinilainya sebagai syiar.

“Beliau (Rusli Habibie) bukan hanya  karena Gubernur sebagai  jabatan formal tapi  beliau memang tokoh, kita tahu beliau Gubernur sudah dua kali yang dipanuti oleh rakyatnya dan ini saya harapkan ada kecintaan kita pada adat dan budaya ini makin terlihat bahwa melayu itu ternyata sebuah kekuatan,” katanya.

Mengenai kunjungan balasan ke Provinsi Gorontalo, Gubernur Sumsel H Herman Deru memastikan akan ke Gorontalo untuk melantik Gubernur Provinsi Gorontalo  Rusli Habibie sebagai Ketua DMDI Provinsi Gorontalo.

Dalam kesempatan tersebut  juga ditampilkan tembang batang hari sembilan dan tari kreasi dilanjutkan saling memberikan cinderamata antara Gubernur Provinsi  Gorontalo, Rusli Habibie dan istri kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru berserta istri dan begitu sebaliknya. Dan berpoto bersama JK Merah  Putih Community (JKMPC).#osk

x

Jangan Lewatkan

Pria di Palembang Tega Pukul Kepala Ibu Kandung karena Tak Diberi Uang

Palembang, BP Seorang pria muda di Palembang tega menganiaya ibu kandungnya dengan memukul kepala dan menendang perut. Perilaku tak terpuji ...