Home / Headline / Diskualifikasi Pasangan Ilyas Panji Alam-Endang PU, KPU Sudah Kirimkan Jawaban Ke MA

Diskualifikasi Pasangan Ilyas Panji Alam-Endang PU, KPU Sudah Kirimkan Jawaban Ke MA

BP/DUDY OSKANDAR
Kelly Mariana

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir (OI)  mendiskualifikasi kepesertaan pasangan petahana Ilyas Panji Alam-Endang PU, Senin (13/10) malam. Penetapan ini mendiskualifikasi pasangan nomor urut dua ini sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ogan Ilir serentak tahun ini. Kasus tersebut kini bergulir Ke Mahkamah Agung (MA) atas laporan pihak Ilyas Panji Alam-Endang PU.

Ketua KPU Sumatera Selatan (Sumsel) Kelly Mariana mengakui kalau pihak KPU sudah menjawab laporan tersebut MA .

“ Jawaban kita sudah  di Mahkamah Agung, jadi menunggu hasil sidang mereka , itu khan sidang tidak manggil,” kata Kelly usai mengikuti debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur di Hotel Excelton Palembang, Kamis (22/10).

Jawaban tersebut berisikan apa yang diputuskan KPU OI yang dilengkapi dengan bukti-bukti.

Menurut Kelly, tidak ada pemanggilan saksi-saksi  namun lebih berdasarkan jawaban dan bukti-bukti yang ada .

“ Kini pasangan Ilyas Panji-Endang stop aktivitas khan didiskualifikasi, baliho-baliho karena dia didiskualifikasi  siapa yang melarangnya kecuali keamanan seperti satpol PP , kepolisian sah-sah saja dia nak sosialisasi, tapi bukan namanya kampanye yang difasilitasi KPU,” katanya.

Pihaknya juga akan membimbing KPU OI apa yang telah mereka buat , apalagi KPU Sumsel punya divisi hukum sebelumnya disampaikan dulu ke KPU RI dan dibahas  tim hukum KPU RI sebelum ke MA.

“Ini khan keputusannya ada dua menolak atau menerima, jadi apapun putusan MA itu  menolak atau menerima  kita harus tetap melaksanakan langkah-langkah, kalau misalnya di tolak  artinya paslon nomor 2 menang berarti KPU harus mengeluarkan keputusan baru penetapan kembali mereka sebagai calon, kalau seandainya diterima artinya kita yang menang , akan ada satu pasangan calon berarti  KPU harus menetapkan kembali pasangan calon tunggal  dan harus melakukan langkah-langkah sesuai pasangan calon tunggal,” katanya.

Mengenai optimistis menang di MA, Kelly mengaku tidak bisa menjawab.

“ Kita enggak tahu upaya-upaya  pihak paslon nomor 2 misalnya  apakah mereka menemukan kajian  hukum lain yang bisa meruntuhkan jawaban-jawaban kita, jadi kita tidak , apapun itu kita terima,” katanya.#osk

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Pria di Palembang Tega Pukul Kepala Ibu Kandung karena Tak Diberi Uang

Palembang, BP Seorang pria muda di Palembang tega menganiaya ibu kandungnya dengan memukul kepala dan menendang perut. Perilaku tak terpuji ...