Home / Headline / Ikhwanuddin Kembali Menjadi ASN Pemprov Sumsel

Ikhwanuddin Kembali Menjadi ASN Pemprov Sumsel

BP/IST
Gubernur Sumsel Herman Deru

Palembang, BP

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengaku telah merehabilitasi  status Aparatur Sipil (ASN)   Ikhwanudin,  Mantan Asisten I Setda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan juga mantan Kaban Kesbangpol Pemprov Sumsel, setelah turun putusan Mahkamah Agung (MK) terkait kasus dugaan dana Bansos APBD Sumsel 2013 yang menimpa Ikhwanudin.

“ Berdasarkan keputusan Mahkamah ya  diwajibkan untuk merehabilitir seperti itu, , kalau saya sudah tanda tangan , sudah diparaf sekda , sudah saya tanda tangan ,” kata Gubernur usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (28/9).

Sementara itu , Ikhwanuddin yang berdasarkan keputusan Mahkamah Agung RI nomor 436//K/TUN/2019 kembali menjabat sebagai pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemrov Sumsel terhitung sejak 22 September 2020.

“Alhamdulilah, tanggal 22 September 2020 kemarin, sudah mendapat SK Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang isinya mencabut pemberhentian tidak hormat atas nama Ikhwanuddin dan mengembalikan kembali saya sebagai PSN di Pemprov Sumsel,” kata  Ikhwanuddin, saat keluar dari ruangan Wagub Sumsel, Senin (28/9).

Dijelaskan Ikhwanuddin, bahwa isi keputusan Gubernur Sumsel itu nomor 8315/KPTS/BKD/2020 memutuskan mencabut keputusan Gubernur Sumsel nomor 2070/KPTS/BKD.1/2018 tanggal 27 September 2018 tentang pemberhentian tidak hormat atas nama dirinya.

Dalam keputusan tersebut juga di jelaskan jika, dirinya kembali menerima hak-hak kepegawaiannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan keputusan ini mulai berlaku ditetapkan sejak 22 September 2020.

“SK pemberhentian aku itu tidak sah, sudah dicabut. Sekarang bisa menjadi pegawai seperti semula, dan hari ini melapor dengan pak Gubernur, tapi pak Gubernur ada di Muba, dan aku sudah melapor dengan Wagub dan Sekda, selanjutnya siap untuk melaksanakan tugas sesuai dengan perintah Gubernur Sumsel, Herman Deru,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa secara pribadi dan keluarga sangat bersyukur, karena proses hukumnya sudah sampai ke tingkat Mahkamah Agung (MA).

“Berdasarkan keputusan mahkamah agung RI nomor 436//K/TUN/2019 saya dinyatakan bebas. Artinya dasar hukum pak Gubernur melaksanakan keputusan hukum dari MA,” katanya.

Bahkan dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel, Herman Deru yang telah betul-betul melaksanakan keputusan. Artinya semua pihak bisa menerima dengan senang hati kalau sudah merupakan keputusan hukum.

“Kita tidak usah bicara kebelakang, tapi kita bicara kedepan. Yang penting ini sudah keputusan hukum dan semua pihak harus taat hukum. Alhamdulillah pak gubernur sudah melaksanakan keputusan hukum itu dengan mencabut keputusan pemberhentian saya secara tidak hormat, dan mengembalikan lagi saya menjadi PNS,” katanya.

Terkait dimana dirinya kemudian akan ditempatkan, Ikhwanuddin sepenuhnya menyerahkan kepada Gubernur Sumsel yang telah percaya menerima dirinya menjadi PNS. Yang jelas dirinya siap melaksanakan perintah, dan wajib membantu mensukseskan semua program dan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

“Jadi apa yang diprogramkan oleh pemerintah Provinsi saya siap, karena saya adalah bagian dari pemerintahan provinsi yang wajib melaksanakan itu,”katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Penyebaran Covid Semakin Hari Semakin Meningkat, DPRD Sumsel Inisiatif Ajukan Raperda

Palembang, BP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel berinisiatif mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang bertitik tumpu pada peningkatan disiplin ...