Sejumlah WNA Dievakuasi Usai Kapal yang Ditumpangi Kandas di Perairan Sungai Musi

6

BP/IST
Basarnas Palembang bersama Tim SAR Gabungan lainnya berhasil mengevakuasi 20 Warga Negara Asing (WNA) usai kapal yang ditumpanginya kandas di perairan ambang luar Sungai Musi.

Palembang, BP

Basarnas Palembang bersama Tim SAR Gabungan lainnya berhasil mengevakuasi 20 Warga Negara Asing (WNA) usai kapal yang ditumpanginya kandas di perairan ambang luar Sungai Musi.

Upaya penyelamatan dilakukan usai Com Center Basarnas Palembang menerima informasi, Jumat (25/9) pukul 10.00 bahwa telah terjadi kecelakaan pelayaran kapal pengungsi WNA yang kandas di perairan tersebut.

Berbekal informasi tersebut Tim Rescue Basarnas Palembang dan ABK KN SAR Setyaki 202 bersama tim SAR lainnya langsung menuju lokasi kecelakaan kapal tersebut. Termasuk mendirikan Posko SAR di dermaga Pelabuhan Tanjung Api-Api.

Baca:  Soal Ganti Rugi Jembatan Musi IV , Komisi IV DPRD Sumsel Sentil Wagub Sumsel

Rangkaian upaya penyelamatan tersebut merupakan kegiatan latihan SAR daerah yang diselenggarakan oleh Basarnas Palembang. Ini adalah skenario uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) sebagai kelanjutan dari kegiatan materi yang telah disampaikan dua hari ini.

Pelaksanaan uji operasi SAR ini bertujuan untuk menguji Respons Time, kesiapan, kemampuan personil serta alut dan meningkatkan koordinasi antara Basarnas palembang dengan potensi SAR saat operasi terjadi. Salah satu kriteria keberhasilan pelaksanaan operasi SAR adalah kerjasama yang baik dengan potensi SAR yang berada di lapangan saat pelaksanaan operasi SAR itu sendiri,” kata Kepala Kantor Basarnas Palembang, Hery Marantika.

Baca:  Badan Jembatan Musi II Retak

Menurutnya, latihan operasi seperti ini perlu dilakukan agar tercipta kekompakan antar Tim SAR saat melakukan operasi di lapangan.

“Maka dari itu sebagai insan SAR yang baik, sudah seharusnya terus giat berlatih dan tentunya juga harus terus menjaga kekompakan dengan potensi SAR yang ada,” kata Hery.#osk