Home / Headline / Bisnis Sabu, IRT di Palembang Divonis 5,6 Tahun Penjara

Bisnis Sabu, IRT di Palembang Divonis 5,6 Tahun Penjara

Palembang, BP
Kalsum seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang terjerat sebagai terdakwa dalam kasus narkotika golongan 1 jenis sabu dengan berat dibawah lima gram ini akhirnya mendapatkan hukuman 5 tahun 6 bulan kurungan, denda sebesar Rp 1 Miliar dan subsider 6 bulan penjara.

Amar putusan tersebut dibacakan langsung Ketua Majelis Hakim Toch Simanjuntak melalui sidang teleconference di ruang sidang Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Kota Palembang, Rabu (23/9).

“Dengan ini menyatakan bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan mengedarkan barang haram sabu sebanyak 1 plastik bening dengan berat 0,05 gram tanpa ada surat izin, sehingga perbuatannya tersebut telah melanggar tindak pidana pasal 114 ayat 1 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” kata hakim saat persidangan berlangsung.

Sebelumnya terdakwa dituntut 6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ursula Dewi, namun para majelis hakim meringankan hukuman terdakwa dengan beberapa alasan.

“Hal-hal yang memberatkan bahwa terdakwa terbukti bersalah dan mengakui bahwa barang haram tersebut merupakan miliknya. Hal -hal yang meringankan terdakwa ialah bersikap sopan selama perjalanan sidang, mengakui kesalahannya serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya,” kata hakim Hakim Toch Simanjuntak.

Mendengar putusan tersebut, terdakwa bersama kuasa hukumnya mengajukan pikir-pikir atas hukuman yang diberikan oleh majelis hakim. “Iya pak Saya pikir-pikir,” terang terdakwa saat persidangan virtual berlangsung.

Terpisah, Kuasa Hukum Terdakwa, Devi, menyatakan, bahwa hukuman tersebut seharusnya bisa lebih diringankan, karena posisinya terdakwa adalah pengedar bukan pemakai.

“Iya kita ajukan pikir-pikir untuk menelaah dulu satu minggu ini atas putusan yang dibacakan tadi. Tidak setujunya karena terdakwa ini baru sekali melakukan pengedaran narkoba dan dirinya pun tidak terbukti sebagai pengguna narkoba,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Inovasi Pelayanan Publik Muba Pukau Kader Golkar se-Indonesia

Dodi Reza Kader Golkar Sarat Prestasi dan Inovasi Sekayu, BP–Sejak dua tahun di bawah kepemimpinan Bupati Muba Dr Dodi Reza ...