Home / Headline / Miliki Minimarket, SMKN 1 Inginkan Lulusan Cepat Terserap ke Dudi

Miliki Minimarket, SMKN 1 Inginkan Lulusan Cepat Terserap ke Dudi

Suasana praktek sekaligus melakukan penjualan di One Mart di SMK Negeri 1 Palembang.

Palembang, BP–Sebagai salah satu SMK bergengsi di Kota Palembang, SMK Negeri 1 Palembang mendorong siswanya untuk bisa lulus dan cepat terserap ke Dunia Usaha dan Dunia Industri atau Dudi.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuka Minimarket yang diberi nama One Mart. Sehingga, siswa benar-benar praktek berjualan kayaknya pemasaran di masyarakat seperti Alfamart, Indomaret dan lainnya.

Pasalnya, One Mart yang dibuka tak hanya melayani lingkungan sekolah tapi juga melayani masyarakat yang memerlukan produk sembako yang dijualnya.

Kepala SMK Negeri 1 Palembang, H Suparman SPd MSi mengatakan bahwa One Mart ini sebagai sarana pembelajaran dimana anak-anak dihadapkan dengan market.

“Jadi disini mereka belajar penjualan, pembukuan, pemasaran yang langsung kita praktekkan di one mart ini,” terang Suparman.

Dikatakannya, selama pandemi ini memang menurun karena sempat ditutup namun saat ini pihaknya tetap membuka one mart ini serta melayani juga secara umum bagi warga yang ingin membeli.

“Kita sistem kan cara piket bagi anak-anak disini. Jadi siswa ini kita bagi dari pagi dan siang untuk stand by di one mart ini,” jelas dia.

Suparman mengatakan sejauh ini penyerapan lulusan ke dunia industri atau dudi ini sangat besar.

“Alhamdulilah terutama untuk lulusan bagian pemasaran ini kita banyak terserap di dunia usaha,” bebernya.

Sementara itu dikatakan Fatmawati, Kajur Pemasaran / Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Palembang mengatakan untuk lulusan SMK Negeri 1 Palembang bahwa hampir 50 persen ini terserap di dunia industri atau usaha.

“Alhamdulilah terutama untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran ini selama ini sudah banyak diserap oleh tenaga kerja seperti di alfamart dan lain sebagainya,” ungkap dia.

Ia mengatakan selama pandemi ini pun one mart SMKN 1 Palembang tetap buka dan melayani masyarakat sekitar.

“Rencana kita akan lakukan juga penjualan secara daring karena sesuai dengan jurusan kita bisnis daring dan pemasaran dan ini akan kita lakukan,” tegas dia.

Katanya, saat ini jurusan ini mulai banyak digandrungi atau diminati siswa. “Ke depan jurusan ini akan banyak peminatnya karena sesuai dengan kebutuhan saat ini yang semua serba online,” terangnya. #sug

x

Jangan Lewatkan

BKB – Masjid Suro Ditata Jadi Wisata Kota Tua Palembang

Palembang, BP Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tengah merencanakan melakukan penataan Benteng Kuto Besak (BKB) untuk menjadi destinasi wisata baru Kota ...