27 SMP di Sumsel  Berlaga Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat SMP Se-Sumsel

4

BP/IST
Suasana poto bersama di Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat SMP se-Sumsel di Aula Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Selasa (22/9).

Palembang, BP

Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) Balaputra Dewa menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat SMP se-Sumsel di Aula Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Selasa (22/9).

Kegiatan yang berlangsung dua hari, 22-23 September itu, diikuti 27 SMP di Provinsi Sumatera Selatan. Untuk menghindari kerumunan massa, acara dibagi dua gelombang. Gelombang pertama terdiri dari empat pertandingan diikuti 12 tim mulai pukul 08.30 hingga 11.00. Lalu gelombang kedua sebanyak lima pertandingan diikuti 15 tim dimulai setelah istirahat makan siang.

Baca:  Reuni Akbar SMP Negeri 38 Palembang Dihadiri Ratusan Alumnus

Acara dibuka langsung oleh Kepala Museum Negeri Sumsel Chandra Amprayadi. Dalam sambutannya, ia mengatakan, kegiatan ini merupakan seleksi untuk mengikuti event nasional.

“Kegiatan ini akan diadakan setiap tahun. Pemenangnya akan diikutsertakan di tingkat nasional. Tahun kemarin dimenangkan oleh SMP 1 Muaraenim,” katanya.

Ia berharap juara pertama pada ajang ini yang akan mewakili Sumsel di tingkat nasional, berhasil menembus sepuluh besar. “Alhamdulillah kalau kita bisa menjadi juara satu,” katanya.

Baca:  Ditlantas Polda Sumsel Gelar Lomba Mewarnai Tingkat TK

Tahun depan, ia mengatakan, seleksi akan digelar di tingkat kabupaten dan kota. “Jadi setiap kabupaten dan kota mengadakan seleksi untuk mewakili Sumsel di ajang nasional. Minimal di kabupaten dan kota tiga regu,” katanya.

Para pemenang lomba mendapatkan hadiah trofi, piagam, dan uang pembinaan, yang besarannya, juara pertama Rp5 juta rupiah, juara kedua Rp4,5 juta, juara 3 Rp4 juta, juara harapan 1 Rp3 juta, juara harapan 2 Rp2,5 juta, dan juara harapan 3 senilai Rp2 juta.#osk

Baca:  70 Peserta Ikuti Lomba Melukis Koleksi Museum  Sriwijaya