Home / Headline / SMKN 6 Bakal Miliki BLUD

SMKN 6 Bakal Miliki BLUD

Drs H Zulfikri, SPd, MM

Palembang, BP–Sebagai salah satu SMK di Kota Palembang, SMK Negeri 6 dalam waktu dekat akan memiliki Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

Nantinya, BLUD ini akan memudahkan proses pemasaran dari beberapa unit produksi yang dijalankan oleh sekolah lewat tangan-tangan siswa yang memiliki skill keahlian di bidangnya.

Mulai dari makanan melalui program keahlian tata boga, fashion dari tata busana perhotelan dan juga paket keahlian lain.

“Ini merupakan terobosan baru di SMK Negeri 6 Palembang. Karena kita punya hotel, punya tata boga, tata busana yang bisa melayani masyarakat. Nah BLUD ini semacam SIM nya, jadi izin resmi dari pemerintah untuk memasarkan produk kita di SMK Negeri 6 Palembang,” terang
Kepala SMK Negeri 6 Palembang Drs H Zulfikri SPd MM, Senin (21/9).

Dikatakannya, bahwa dari hasil produksi siswa maka ada persentase keuntungan bagi siswa dari berbagai program keahlian. Apalagi setelah ada BLUD maka pemasaran untuk melayani kebutuhan masyarakat bisa semakin maksimal.

“Misalnya dalam waktu dekat kita akan kerjasama dengan Unsri. Kita akan coba mensuplay toga wisuda,” ujarnya.

Pun juga operasional hotel di SMK Negeri 6 Palembang bernama E-Dotel, selain menjadi praktek siswa perhotelan juga bisa menerima siswa magang dari sekolah kita dan juga menerima hunian bagi masyarakat.

Menurut Zulfikri, program BLUD ini merupakan tindak lanjut dari studi banding ke SMK Negeri 57 Jakarta bersama Dinas Pendidikan Sumsel beberapa waktu lalu. Dari program tersebut kemudian langsung diimplementasikan.

“Jadi sesuai Instruksi dan arahan Ibu Mondy Kabid SMK Dinas Pendidikan Sumsel maka kita akan membuat BLUD,” jelasnya.

Ke depan diharapkan, melalui BLUD ini maka lulusan SMK Negeri 6 Palembang tak hanya menguasai teori tapi juga pengalaman dalam hal praktek sehingga cepat terserap ke dunia usaha dan dunia industri. #sug

x

Jangan Lewatkan

Perpustakaan Umum Desa Bukit Jaya Muba Raih Juara Tingkat Nasional

Sekayu, BP–Prestasi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus ditorehkan, kali ini Perpustakaan Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin Terpilih sebagai Perpustakaan Desa ...