Home / Headline / AGSI Gelar Pendidikan dan Latihan Dalam Jaringan Inovasi Multimedia Pembelajaran Sejarah

AGSI Gelar Pendidikan dan Latihan Dalam Jaringan Inovasi Multimedia Pembelajaran Sejarah

Palembang, BP

Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) berhasil mengadakan webinar kesejarahan di seluruh cabang propinsi Indonesia dengan mengangkat sejarah lokal. Dengan jumlah peserta hampir ribuan dari berbagai kalangan baik guru sejarah, pemerhati sejarah dan lainnya. Selain peserta di dalam negeri selama webinar berlangsung ada  juga dari luar negeri.

Keberhasilan webinar yang dilakukan oleh Asosiasi Guru Sejarah Indonesia kini dilanjutkan dengan mengadakan kegiatan pendidikan dan latihan dalam jaringan inovasi multimedia pembelajaran dalam pengajaran sejarah. Rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan ini dilaksanakan tanggal 14 September sampai 15 Nopember 2020.

“Rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan ini ada Sembilan  kegiatan dengan materi inovasi pembelajaran yang berbeda disetiap kegiatan pendidikan dan latihan inovasi pembelajaran sejarah. Pembelajaran diklat ini akan dibimbing oleh pakar-pakar pendidikan dari puskurbuk kemendikbud, instruktur kurikulum 2013, dan guru-guru sejarah berprestasi,” kata Ketua pelaksana Diklat Dian saat pelaporan acara pembukaan diklat dalam jaringan inovasi multimedia pembelajaran tanggal 14 Nopember 2020 nanti.

Acara pembukaan pedidikan dan latihan dalam jaringan inovasi multimedia yang diselenggarakan oleh Asosisasi Guru Sejarah Indonesia dihadiri oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Menengah dan Pendidikan Khusus    Praptono  , Kepala P4TK  H.M.Subandi dan Gogot Suharwoto dari Pusdatin Kemedikbud sebagai nara sumber.

Kegiatan pembukaan diklat Asosiasi guru  Sejarah Indonesia tanggal 14 September 2020, anggota Asosiasi Guru Sejarah Indonesia serta guru-guru sejarah peserta diklat dalam jaringan inovasi multimedia pembelajaran dalam pengajaran sejarah.

“Sejarah penting dalam kehidupan kita, peristiwa-peristiwa besar tumbuh ketika kita memahami sejarah, kesalahan-kesalahan tidak akan terulang kembali saat kita memahami sejarah. Seperti contoh Salahudin Al-Ayubi  ketika menaklukan kembali Palestina sebagai bagian masyarakat  Islam. Beliau melakukan dengan mengingatkan sejarah,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Menengah dan Pendidikan Khusus    Praptono.

Para generasi muda menurutnya diingatkan bagaimana kehidupan Rasulullah beserta para sahabat. Bagaiman para pemimpin mengantarkan kemerdekaan.

“Bagaiman perjuangan para pahlawan. Melakukan perjuangannya. Semua kita dapatkan dari sejarah. Jadi sejarah adalah bagian terpenting sebuah bangsa untuk kita membangun kekuatan yang lebih besar. Dengan sejarah kita tidak akan melakukan kesalahan-kesalahan, jelas  Praptono.

Menurutnya, budaya literasi sangatlah diperlukan dalam abda XII, sebaba literasi merupakan kunci untuk terus-menerus belajar dan meningkatkan kompetensi adar siap masuk ke duia kerja. Selain itu H.M Subandi juga menjelaskan adanya lima nilai utama karakteristik, yaitu religi, integritas, nasionalis, mandiri dan gotong royong.

 

“Di dalam pembelajaran sejarah juga diperlukan peran guru dan tenaga kependidikan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan serta pembelajaran yang bermakna,” kata Kepala P4TK  H.M.Subandi

Sementara itu Gogot Suharwoto dari Pusdatin Kemendikbud menjelaskan peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sejarah. Menurutnya dunia pendidikan harus berubah dalam menghadapi pendidikan di era new normal sekarang ini. Hal ini bisa dilihat dimana ruang belajar tidak lagi di dalam kelas tetapi di rumah ataupun di ruang-ruang lain. Pendidikan tidak hanya jadi tanggung jawab guru saja tetapi juga orang tua peserta didik.

“Di dalam kegiatan pendidkan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Asosiasi guru Sejarah Indonesia kita berharap adanya kemampuan penggunaan teknologi dan komunikasi dalam pengembangak pengajaran sejarah dengan menginovasi multimedia dalam pembelajaran sejarah,” katanya.#osk

 

x

Jangan Lewatkan

Dua Bulan Perpanjangan Pemutihan Pajak Capai Rp186 Miliar, DPRD Sumsel Minta Diperpanjang

Palembang, BP Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Syamsul Bahri mengatakan, dalam rangka pemutihan pajak hingga akhir bulan ini sudah ...