SMB IV Apresiasi HUT ke 21 DKP

7

BP/IST
Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH MKn saat menerima tumpeng pempek dari Ketua DKP Iqbal Rudianto di hari Ulang Tahun (HUT)  ke 21 Dewan Kesenian Palembang (DKP)  di Guns Cafe, Palembang, Rabu (9/9) malam.

Palembang, BP

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH MKn mengapresiasi  hari Ulang Tahun (HUT)  ke 21 Dewan Kesenian Palembang (DKP) .

Acara tersebut digelar di Guns Cafe dan dihadiri Ketua Dewan Kesenian Sumsel R.H Syahril Eswin, Staf Ahli bidang Keuangan Pendapatan Daerah Hukum Dan Ham Altur Febriansyah SH MSi, Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kebudayaan Palembang Hj Zanaria Sip MSi, perwakilan Dandim 0418 Kapten Infantri Sutomo, , Ketua PHRI Sumsel Herlan Asfiudin, tokoh ulama dan tokoh masyarakat serta para seniman Kota Palembang, Rabu (9/9) malam.

“Selama ulang tahun yang ke 21 untuk DKP, dan kedepan di harapkan DKP dapat meningkatkan kreativitas seni di kota Palembang , karena kita tahu  kesenian itu dinamis berkembang, makanya, bagaimana DKP dapat mempertahankan kesenian yang lama, dan juga menimbulkan kesenian yang baru sehingga bisa eksis semuan kesenian di Palembang,” katanya usai acara.

Untuk melestarikan kesenian ini menurut pria yang berprofesi sebagai notaris dan PPAT ini  bukan hanya tanggungjawabab DKP saja tapi seluruh elemen masyarakat yang ada di kota Palembang.

Ketua DKP Iqbal Rudianto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah menyempatkan hadir pada HUT DKP ke 21.

“Kami ingin DKP dapat dikenal di tingkat nasional, kami akan mencoba merangkul semuanya mulai dari kegiatan, semua potensi-potensi yang ada dan dapat maju ke kancah Nasional maupun Internasional. Alhamdulillah kami telah mendapatkan masukan dari para senior. Semoga Seni dan budaya Palembang dapat menjadikan energi positif bagi DKP. Mudah-mudahan keinginan dan harapan kedepan lebih baik bagi generasi yang akan datang. Semoga kedepan Sumsel khususnya Palembang dapat memajukan kesenian Palembang,” kata pria yang biasa dipanggil Didit ini.

Menurutnya, DKP ingin coba membangkitkan semangat para seniman, mengingat DKP sudah berusia 21 tahun yang artinya sudah sangat matang. Saatnya sekarang kesenian Kota Palembang mampu menunjukkan eksistensi, pesona dan karya-karyanya ditingkat masyarakat Kota Palembang itu sendiri.

“Dengan memperkenalkan kesenian Kota Palembang terbukti hari ini kita mencoba mengingatkan kembali banyak sekali tradisi dan kesenian budaya Palembang yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat Kota Palembang. Saya berharap kepada seluruh seniman Palembang untuk tetap berkarya dan melakukan aktifitas seni di masa pandemi Covid-19 ini,”  katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Palembang Hj Zanaria Sip MSi mengatakan, di usia ke 21 tahun ini DKP harapannya dapat memajukan Kota Palembang. “Kami mohon dukungan kepada Pemerintah Kota Palembang untuk DKP agar budaya dan kesenian di Kota Palembang khususnya dapat maju dan berkembang,” katanya.

Sejumlah penampilan para seniman Palembang ditampilkan untuk menghibur para tamu undangan, dengan menampilkan budaya asli meliputi kesenian Wayang Palembang, lagu daerah Palembang dan lainnya, acara berlangsung meriah.#osk