AW Noviadi Mundur di Pilkada OI, Bagindo : Hanya Ganti Casing

10

BP/IST
Pemerhati Politik/ Forum Demokrasi Sriwijaya, Bagindo Togar BB

Palembang, BP

Pergantian Bakal Calon (Balon) Bupati Ogan Ilir yang sebelumnya Ahmad Wazir (AW) Noviadi Mawardi Yahya digantikankan adik kandungnya, Panca Wijaya Akbar Mawardi Yahya dinilai pengamat Politik Sumatera Selatan ( Sumsel) , Bagindo Togar BB, menilai, pergantian dari AW Noviadi Mawardi kepada adiknya, Panca Wijaya Akbar tidak ada perubahan yang signifikan hanya ganti casing.

Selain itu, di Ogan Ilir menjadi Pilkada paling seru diantara enam daerah lain di Sumatera Selatan (Sumsel) yang bakal ikut menggelar Pilkada Serentak, 9 Desember 2020 nanti.

“Di Pilkada Ogan Ilir aroma revenge atau balas dendam sangat menyengat. Selain itu, pergantian balon Bupati di detik-detik terakhir jelang pendaftaran ke KPU bukan suatu kejutan, biasa saja, bukan surprise atau akan memunculkan political shock di ranah publik,” katanya, Kamis (3/9).

Dia menilai, figur Panca Wijaya Akbar memang alternatif lebih dari pada AW Noviadi Mawardi. Hal tersebut dilihat saat keduanya sama-sama mendaftar pada sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Ogan Ilir.

“Menurut saya figur keduanya sudah matang untuk memimpin Ogan Ilir dan untuk dijalankan,” katanya.

Terlebih khusus di Kabupaten Ogan Ilir, pengaruh Mawardi Yahya yang merupakan Wakil Gubernur Sumsel dan mantan Bupati ogan Ilir dua periode ini sangat besar.

“Jelas, semua impact politiknya adalah Mawardi Yahya. Karena Mawardi Yahya tokoh sentral dan masih besar pengaruhnya di kalangan masyarakat Ogan Ilir,” kata Bagindo.#osk