441 Qori Bakal Ikuti MTQ Terbatas Sumsel 2020

16

DR H Akhmad Najib, SH, MHum

Palembang, BP–Sebanyak 441 qori dan qoriah andalan kabupaten/kota di Sumsel bakal mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Terbatas 2020 tingkat Sumsel yang digelar pada 5-11 September 2020.

Demikian dikatakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumsel DR H Akhmad Najib, SH, MHum, Rabu (2/9/2020).

Menurut Najib, di tengah gelombang Pandemi Covid-19 ini, sebagai umat beragama terus mendekatkan diri kepada Alloh SWT, melalui peningkatan kualitas ibadah. Salah satunya adalah dengan mencintai Alquran.

Baca:  MTQ OKI ke 29 Syiar Alquran Hingga Pelosok Desa

“Apalagi sesuai dengan misi Gubernur Bapak Herman Deru untuk menjadikan Sumsel yang religius. Baik itu melalui rumah tahfiz dan juga ini melalui Alquran,” ujarnya.

Pria yang juga Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sumsel ini menambahkan bahwa MTQ Terbatas ini merupakan MTQ Terbatas kali pertama digelar karena dalam masa Pandemi Covid-19. Sehingga MTQ ini akan digelar dengan menggunakan protokol kesehatan.

Dikatakan Najib, rencananya pembukaan akan digelar di Masjid Agung Jayo Wikramo dan lokasi lomba akan dipusatkan di tiga tempat yakni Masjid Agung Jayo Wikramo, Asrama Haji dan STIQ Al Lathifiyah Palembang.

Baca:  MTQ Provinsi Cari Bibit Qari Qariah Terbaik

Lokasi Masjid Agung Jayo Wikramo Palembang sendiri akan melombakan cabang tilawah Alquran golongan anak-anak, remaja, dewasa, Qiro’at Murottak Remaja dan Qiro’at Murottal Dewasa.

Kemudian di Lokasi Asrama Haji Palembang akan melombakan cabang hifzhil Quran 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz dan karya tulis ilmiah Alquran.

Sedangkan di lokasi STIQ Al Lathifiyah untuk cabang hifzhil Quran 39 juz, tafsir bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Baca:  Tak Dapat Medali MTQ, 3 Daerah Masuk Catatan Khusus

“Dan MTQ juga sekaligus untuk mencari Qori-Qoriah terbaik di Sumsel untuk kemudian nanti mewakili Sumsel pada MTQ tingkat Nasional di Padang Sumatera Barat pada November 2020 mendatang,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dari MTQ Terbatas Sumsel yang terbaik sebagai juara bisa mengharumkan nama Sumsel di tingkat nasional sebagaimana MTQ nasional dl sebelumnya di Kalimantan Barat. #sug