Home / Headline / Pemprov Sumsel Akui Kontribusi PD Prodexim Belum Maksimal

Pemprov Sumsel Akui Kontribusi PD Prodexim Belum Maksimal

BP/DUDY OSKANDAR
H Herman Deru

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengakui jika hingga kini aktivitas dan kontribusi Perusahaan Daerah (PD) Prodexim belum maksimal.

Untuk itulah, melalui rapat paripurna XV DPRD Sumsel yang berlangsung kemarin (31/8), Gubernur Sumsel H Herman Deru mengusulkan agar bentuk badan hukumnya diubah.

Dari Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) yang perubahannya dituangkan dalam bentuk rancangan peraturan daerah (raperda).

“Diharapkan melalui perubahan badan hukum ini nantinya dapat memberi peluang untuk meningkatkan kinerja dan daya saing. Sekaligus memberikan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat di Sumsel ini,” katanya saat membacakan penjelasan Gubernur Sumsel terhadap tiga raperda di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (31/8).

Menurut Deru, perubahan bentuk badan hukum ini sekaligus melaksanakan ketentuan pasal 339 dan pasal 402 ayat (2) UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Sebagaimana yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan UU Nomor 9 tahun 2019. Yang menyatakan BUMD yang telah ada wajib menyesuaikan dengan UU ini yakni menjadi Perseroda.

Selain raperda perubahan bentuk badan hukum Prodexim, juga disampaikan raperda tentang pembentukan BUMD Agri Bisnis.

Juga raperda tentang penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan.#osk

x

Jangan Lewatkan

Warga Prabumulih Antusias Sambut Kedatangan Alex Noerdin

  Prabumulih, BP–Kedatangan mantan Gubernur Sumsel 2 periode 2008-2018 H Alex Noerdin di kota Prabumulih disambut antusias oleh seluruh warga ...