Home / Headline / Pemprov Sumsel Ajukan Pinjaman Ke Pusat, Agus Sutikno: Harus Ditangkap

Pemprov Sumsel Ajukan Pinjaman Ke Pusat, Agus Sutikno: Harus Ditangkap

Agus Sutikno

Palembang, BP–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mengajukan peminjaman dana sebesar Rp539.851.548.950 kepada pemerintah pusat.

Dana pinjaman itu diajukan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai dampak pandemi Covid-19.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Selatan Agus Sutikno menilai pinjaman seperti ini dikarenakan sudah menjadi program maka DPRD Sumsel hanya memberitahukan bukan persetujuan.

“Kalau pengembaliannya bisa dengan perhitungan pusat dan daerah itu tergantung perjanjiannya, kalau dia menjadi lunak bisa panjang, tapi intinya ini harus ditangkap karena pemerintah pusat sudah menyiapkan kalau tidak diambil oleh provinsi lain,” katanya, Jumat (29/8/2020).

Pinjaman ini menurut politisi PPP Sumsel ini dibuat oleh pemerintah pusat dalam rangka percepatan, karena akselarasi ekonomi ini harus dilakukan .

“Saya sudah tiga bulan yang lalu mengingatkan , kalau kuartal kedua kita kontraksi negatif ngeri nanti diawal 2021 itu, maka yang perlu diperbaiki sektor ekonomi dan menurut saya sektor ekonomi yang harus didorong lebih dahulu adalah sektor pangan, komsumsi, kalau perusahaan-perusahaan besar manufactering itu lambat, kalau komsumsi cepat, kalau tidak bisa domino effek,“ katanya.

Menurutnya pandemi covid-19 ini adalah problem kesehatan dan bukan problem ekonomi.

“Yang salah itu kenapa harus ada PSBB besar-besaran , itu salah menurut saya, kalaupun ada PSBB lihat data dulu, kalau hanya kemuning ya kemuning aja PSBB, semuanya ditutup, pasar di tutup, itu namanya problem kesehatan tapi pendekatannya ekonomi , hancur kita, bukan saya tidak setuju PSBB, tapi lihat ditempat kita PSBB , cek point tidak efektif, baru terasa sekarang ketika semua stagnan, ekonomi macet, pemerintah tidak punya kemampuan, khan begitu,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Bank Sumselbabel Tetap Bertahan di Pandemi Covid-19

Palembang, BP Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) HM Giri Ramanda N Kiemas melihat hingga saat ini di mana ...