Home / Headline / Pulau Semambu, Desa Agrowisata yang Tak Pernah Diperhatikan Pemkab OI

Pulau Semambu, Desa Agrowisata yang Tak Pernah Diperhatikan Pemkab OI

Desa Pulau Semambu.

Indralaya, BP–Desa Pulau Semambu, Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI) merupakan desa agrowisata yang sepatutnya dibanggakan karena menghasilkan pundi rupiah untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Sayangnya potensi besar tersebut tidak dilirik dan diperhatikan oleh Pemkab OI.

Hal tersebut dikatakan tokoh masyarakat Desa Pulau Semambu, Suparmin, yang mengatakan desa tersebut memiliki konsep agrowisata di mana pengunjung bisa memetik sendiri tanaman sayur mayur yang mereka inginkan di kawasan destinasi tersebut. Selain petik sayur dan buah, ada pula program peternakan dan panen ikan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menguji keberanian, khususnya anak-anak agar berani untuk berinteraksi langsung dengan hewan ternak, tak hanya itu tersedia juga fasilitas flying fox, program outbond yang sangat diminati mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA, dan mahasiswa.

“Ya memang kita tidak pernah mendapatkan sentuhan dan perhatian dari Pemkab OI,misalnya dari dinas terkait. Jadi kami merasa tak diperhatikan, disuruh bergerak mandiri walau tertatih. Mirislah walaupun kondisi payah namun kami tetap bersemangat guna mewujudkan desa agrowisata yang mampu meningkatkan  nilai tambah ekonomis bagi masyarakat desa,”kata Suparmin yang juga mantan kades usai ditemui saat silaturahmi Balon Bupati OI AW Noviadi MY dan Balon Wabup OI Ardani, Rabu (26/8).

Iapun sangat berterimakasih atas kunjungan dan perhatian AW Noviadi MY di desanya, ” alhamdulillah terimakasih atas kunjungan dan bantuannya untuk desa kami,” jelasnya.

Balon Bupati OI AW Noviadi MY mengatakan dirinya yakin  Desa Pulau Semambu seharusnya kondisi desa agrowisata ini lebih baik, namun dirinya melihat potensi desa tersebut sangat membanggakan dan patut diapresiasi karena bisa meningkatkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Saya yakin desa agrowisata ini sangat baik namun bergerak sendiri dan didukung semangat watga untuk lebih baik, apalagi jika didukung pemerintah tentunya pasti lebih baik. “Namun saya melihat sepertinya Pemkab OI  tidak bangga, malah orang lain yang bangga. Saya sangat bangga, salut walaupun tidak ada perhatian dari pemerintah namun kalian tetap semangat untuk berkarya. Saya sangat kecewa dengan pemerintahan saat ini, namun insya Allah kedepan pasti ada perubahan, maka dari itu pada 9 Desember coblos AW Noviadi dan Ardani untuk bupati dan wabup OI periode 2021-2026,” tegasnya.

Plt Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Marsudi membantah jika pemkab tak sama sekali membantu, “ada sih cuma buat gapura Desa Pulau Semambu Adalah Desa Agrowisata, ya karena tidak ada dananya apalagi saat ini kita lagi pandemi corona. Mungkin tahun depan akan dianggarkan melalui apbd,” jelasnya. #hen

x

Jangan Lewatkan

Oknum Polisi Simpan Sabu Ditangkap

Palembang, BP Oknum polisi Bripka AF yang bertugas di Kepolisian Resor (Polres) Musi Rawas Utara (Muratara) ditangkap aparat Satuan Reserse ...