Jokowi: January 2021 Mulai Vaksinasi, Kita Akan Kembali Seperti Semula

6

BP/IST
Jokowi

Palembang, BP

“Ini pasti ada akhirnya kok. Nanti kalau vaksin sudah ketemu, perkiraan nanti bulan Januari (2021) mulai vaksinasi, itulah kita akan kembali seperti semula,” kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah sedang berupaya menemukan vaksin virus corona atau Covid-19. Diharapkan pada Januari 2021, vaksin itu sudah ditemukan dan diproduksi untuk seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut ditegaskan Jokowi di hadapan puluhan pedagang kecil dan mikro penerina dana bantuan modal kerja.

Karena itu, selama vaksin itu belum ketemu, Jokowi meminta seluruh pedagang kerja kecil dan mikro bekerja keras agar dapat bertahan sampai nanti vaksin sudah diproduksi dan kondisi ekonomi sudah pulih kembali seperti awal sebelum ada Covid-19.

Jokowi mengungkapkan saat ini proses pencarian vaksin Covid-19 sudah mencapai uji klinis tahap 3. Sudah ada sebanyak 1.620 relawan yang menerima suntikan vaksinasi kandidat vaksin Covid-19.

“Ini vaksinnya masih proses di uji klinis yang ketika. sudah dicoba ke relawan manusia. Syukur nanti doa bapak ibu semuanya, bisa maju lebih cepat. Kita harapkan berhasil dan kemudian diproduksi,” ujar Jokowi.
Kepala Negara mengetahui selama masa pandemi Covid-19 ini, omzet penjualan dan pendapatan para pedagang mengalami penurunan hingga lebih dari 50 persen. Ia mengingatkan, kondisi ini tidak hanya dialami oleh pedagang di Indonesia saja, tetapi di 215 negara yang mengalami pandemi Covid-19 yang lebih parah dari Indonesia.
“Semua terkena pandemi ini, baik negara miskin, negara sedang maupun kaya, semua kena. Memang ini sebuah cobaan atau ujian yang kita hadapi bersama. Saya meyakini insyaAllah kalau kita kerja keras, kita akan lepas dari ujian atau cobaan ini,” terang Jokowi.

Setelah pemberian bantuan modal kerja ini, lanjutnya, ia akan mengecek kondisi usaha para pedagang penerima bantuan tersebut dalam waktu satu hingga dua bulan. Ia mengharapkan bantuan ini dapat meningkatkan omset penjualan sehingga usaha mereka tambah lebih baik lagi.
“Sekali lagi, marilah kita terus bersemangat bekerja keras, agar kita bisa melewati masa pandemi ini. Dan pemerintah terus berusaha menurunkan agar yang terpapar makin sedikit. Tapi itu bukan hal yang mudah. Barangnya saja enggak kelihatan, yang namannya Covid-19,” ungkap Jokowi.

Kemudian Jokowi meminta para pedagang untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan usahanya, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan setiap habis kegiatan, dan tidak berada di tempat kerumunan yang saling berdesakan.

“Saya kira itu cara menghindari. Saya kira itu cara yang harus kita lakukan,” pungkas Jokowi.#osk