Home / Headline / Anggota MPR Berharap ST Tidak Menjadi Ajang Lomba Pidato

Anggota MPR Berharap ST Tidak Menjadi Ajang Lomba Pidato

Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, dan anggota MPR Saleh Daulay dalam diskusi di ruangan wartawan DPR.

Jakarta, BP–Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, berharap Sidang Tahunan (ST) Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) jangan menjadi liberal. Sidang tahunan itu harus memberikan cahaya kepada bangsa Indonesia.
“Sidang yang digelar setiap tahun dihadiri Presiden dan Wakil Presiden tersebut juga tidak menjadi dagelan politik semata. Sehingga seluruh Rakyat Indonesia punya harapan untuk terus mencintai bangsa ini, “ujar Margarito di ruangan wartawan DPR, Jakarta, Senin (20/7).
Anggota MPR Saleh Daulay berharap Sidang Tahunan MPR RI tidak menjadi ajang lomba pidato antara para pimpinan lembaga negara.
Jika demikian, sidang tersebut tidak bermakna dan monoton, karena seakan tidak bisa mengubah keadaan.
“Atau tidak bisa menghasilkan apapun dalam rangka perbaikan pelayanan kepada masyarakat luas,” kata Saleh.
Dikatakan, dalam sidang pertama, tiga pilar demokras, eksekutif legislatif maupun yudikatif melaporkan kinerjanya selama setahun.
“Mudah-mudahan sidang Tahunan MPR RI bermanfaat untuk kita semua dan Rakyat Indonesia,” jelasnya.
Anggota MPR, Kurniasih Mufidayati mengatakan, Sidang Tahunan di MPR memiliki makna penting, karena menjadi ajang laporan bagi sejumlah lembaga tinggi negara.
Kurniasih menambahkan, saat sidang MPR inilah diharapkan bisa menjalankan fungsi dari MPR dan DPR. “Kalau di DPR kita punya fungsi pengawasan, maka disinilah kita bisa memiliki fungsi pengawasan setelah mendengarkan begitu banyak pidato yang disampaikan saat sidang tahunan tersebut, “tuturnya.
Bicara apakah efektif atau tidak, lanjut dia, semua kembali kepada anggota, mudah-mudahan kalau semua mau efektif bahan-bahan disampaikan sebelum sidang tahunan berjalan, sehingga bisa dipelajari.
Ia mencontohkan, dalam sidang paripurna tahun sebelumnya, anggota dewan mendapat bahan aporan dari BPK dan kementerian keuangan.#duk

x

Jangan Lewatkan

Gugatan Ilyas Panji-Endang  Diregistrasi  MA , KPU OI Harus Berikan Jawaban Segera.

Palembang, BP Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kelly Mariana menjelaskan jika saat ini pihak KPU Ogan Ilir telah menerima ...