Home / Headline / Pipa Gas Meledak dan Semburkan Api di Palembang, Warga Panik Berhamburan

Pipa Gas Meledak dan Semburkan Api di Palembang, Warga Panik Berhamburan

BP/IST
Pipa gas milik PT Eltran Indonesia di ruas jalan Kota Palembang, meledak, Rabu (15/7). Ledakan pipa gas disertai semburan api tersebut menimbulkan kepanikan pada warga setempat yang langsung berhamburan keluar rumah.

Palembang, BP

Pipa gas milik PT Eltran Indonesia di ruas jalan Kota Palembang, meledak, Rabu (15/7). Ledakan pipa gas disertai semburan api tersebut menimbulkan kepanikan pada warga setempat yang langsung berhamburan keluar rumah.
Api yang membubung tinggi menambah histeris warga yang berdomisili di sekitar Jalan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, khususnya pedagang gas rumahan yang tidak jauh dari lokasi. Beruntung petugas pemadam kebakaran (damkar) segera turun ke lokasi untuk memadamkan api.
Salah seorang warga setempat mengaku baru menyadari ada ledakan gas setelah melihat warga setempat berlarian dan berteriak-teriak panik. Saat kejadian, para karyawan sibuk bersih-bersih di konter ponsel.
“Kami tahu saat warga berlarian dan teriak api-api. Saat itu kami sedang membersihkan dan membereskan konter. Spontan kami kaget dan keluar dari ruangan menyelamatkan diri. Melihat api yang membubung tinggi sekitar 2 meter selama sekitar 30 menit langsung dimatikan petugasnya,” kata karyawan kunter, Septia (23).
Sementara, pengawas PT Eltran Indonesia, Irwan menjelaskan kondisi saat ini sudah aman dan terkendali. Ledaka tidak terjadi lagi dan api sudah bisa dipadamkan. Warga setempat diminta tidak khawatir lagi.
“Api pada setelah kami mematikan dari sektornya. Memang pipa tersebut berbenturan dengan pipa gas alam lama, sehingga timbul gesekan dan api. Namun, warga jangan khawatir, semua telah terkendali,” ujar Irwan.
Irwan menambahkan, begitu terjadi ledakan yang menyebabkan api membubung tinggi, pihaknya langsung melakukan penanganan pertama sehingga situasi bisa cepat dikendalikan.
“Bagitu mendapat informasi, kami langsung mematikan api dari sentralnya. Petugas kami telah mengambil langkah awal dengan memblokade lokasi dan memadamkan api dengan alat seadanya dibantu petugas damkar,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

11 Penambang Batubara di Muaraenim Tewas Tertimbun  Longsor

Palembang, BP 11 orang pekerja tambang batu bara rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumsel, ...