Home / Headline / 2 Oknum Polisi Dituntut 4 Tahun Penjara

2 Oknum Polisi Dituntut 4 Tahun Penjara

Palembang, BP

Sidang tuntutan terhadap mantan Kabid Dokkes Kombes Pol Susilo Pradoto dan perwira aktif sekretaris tim Rikkes Polda Sumsel AKBP Syaiful Yahya yang diduga menerima suap Casis (Calon siswa) Polri digelar di ruang tipikor Pengadilan negeri klas 1A Khusus Kota Palembang, Senin (13/7).

Dalam persidangan diketahui, dua oknum perwira ini dituntut hukuman selama 4 tahun penjara dengan denda sebesar Rp 50 juta apabila tidak membayar maka akan ditambah kurungan 3 bulan.

Bukan hanya itu, hal-hal yang memberatkan kedua terdakwa ialah terbukti melanggar peraturan pemerintah dengan kerugian sebesar Rp 6 Miliar dengan pasal 5 ayat 1 tahun 1999 UU korupsi. Selain itu, terbukti tidak mendukung peraturan pemerintah untuk bebas korupsi dan tidak menjadi tauladan serta merusak kepercayaan Polisi terhadap masyarakat.

Dengan ini menyatakan kedua terdakwa akan dikenai hukuman selama 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp 50 juta. Dan apabila tidak membayar maka akan ditambahi kurungan 3 bulan penjara,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU), Dede.

Setelah JPU membacakan tuntutan, Ketua Majelis Hakim Abu Hanifah pun menanyakan kepada kedua terdakwa. “Bagaimana saudara apakah Anda mendengar?, saudara dituntut hukuman 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp 50 juta,” kata.

Mendengar putusan tersebut, kedua terdakwa pun meminta waktu selama 1 minggu untuk mengajukan sidang pledoi. Dengan demikian hakim pun memutuskan untuk menunda sidang minggu depan pada tanggal 20 Juli 2020. “Baiklah sidang akan kita tunda minggu depan pada tanggal 20 Juli 2020,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

11 Penambang Batubara di Muaraenim Tewas Tertimbun  Longsor

Palembang, BP 11 orang pekerja tambang batu bara rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumsel, ...