Home / Headline / 3 Bulan, Muaraenim Tembus 100 Kasus

3 Bulan, Muaraenim Tembus 100 Kasus

Panca Surya Diharta

Muaraenim,BP–Dalam  kurun waktu 3 bulan lebih atau sejak kasus pertama warga kabuoaten Muatsenim terserang virus covied 19. jumlah warga yang terkonfirmasi terpapar virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Muaraenim tembus diangka 100.
Hal ini berdasarkan data perkembangan terakhir Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Muaraenim yang rilis, Minggu (12/7). Dari data tersebut, jumlah warga positif telah mencapai 100 orang setelah adanya tambahan sebanyak 4 kasus baru pada kemarin.
Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Muaraenim, Panca Surya Diharta mengatakan kasus warga terkonfirmasi positif covid-19 bertambah dalam beberapa hari terakhir.
“Selama beberapa hari terakhir ada tren penambahan kasus baru, pada Minggu (Red, kemarin) bertambah 4 kasus lagi sehingga total kasus positif Covid-19 di Muaraenim genap 100 orang,”kata Panca, Minggu (12/7).
Lebih lanjut, Panca mengatakan dari total 100 warga yang terkonfirmasi tersebut hingga kini yang masih dirawat sebanyak 68 orang. Sedangkan sisanya 29 orang dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia. “Untuk pasien dirawat ditempatkan dibeberapa RS yakni RSHM Rabain, Rumah Sehat Islamic Center dan Rumah Sakit Bukit Asam Media di Tanjung Enim, Lawang Kidul,” ujarnya.
Adapun untuk sebaran kasus, lanjut Panca, mayoritas berada di dua kecamatan zona merah yakni Kecamatan Muaraenim dan Lawang Kidul. Panca memaparkan, Kecamatan Muaraenim menjadi paling terbanyak dengan 43 kasus. Kemudian Kecamatan Lwang Kidul dengan 35 kasus.
Dijelaskannya, hingga saat ini sebaran covid-19 telah membuat 2 Kecamatan berstatus zona merah dan 10 Kecamatan lainnya zona kuning. “Sisanya Beberapa Kecamatan masih nihil kasus seperti SDL, SDT, SDU, Panang Enim, Lubai Ulu, Lubai,Belida Darat, Lembak, Sungai Rotan dan Muara Belida,” jelasnya.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim H Hasanudin menyebut penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Muaraenim semakin berat seiring tren peningkatan kasus hari ke hari.
Untuk itu, pihaknya mengingatkan jajaran tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Muaraenim bergerak cepat memutus rantai penyebaran. “Satu hal yang sangat penting di masa pandemi ini yaitu harus gerak cepat dan tepat serta harus bersinergi satu sama lain, Kita tidak boleh lambat,” tegas Sekda, saat Rapat Evaluasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muaraenim beberapa waktu lalu.
Lanjutnya, semakin beratnya beban penanganan covid-19 di Muaraenim ditunjukkan dengan 2 Kecamatan Zona Merah (Muaraenim dan Lawang Kidul) yang kini dipetakan zona merah. “Artinya permasalahan/ peningkatan ini semakin berat (gawat). Untuk itu, saya menekankan kepada setiap Bidang Gugus Tugas untuk benar-benar melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing dengan penuh tanggungjawab,”tegasnya

Sedangkan, Plt Bupati Muaraenim H Juarsah dalam beberapa kesempatan mengatakan trend angka pasien positif Covid -19 Muaraenim terus mengalami kenaikan. “Untuk itu tim satgas harus lebih cepat, tepat dan aktif lagi dalam penanganannya. Apalagi akan menuju New Normal yang artinya hidup bebas tapi dalam pengetatan protokol kesehatan,” tegas Juarsah.#nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

150 Personil Bintara Kodam II Sriwijaya Ikuti MTT Pengetahuan Intelijen

Palembang, BP Sebanyak 150 prajurit jajaran Kodam II/Swj, mengikuti Mobile Training Team (MTT) Pengetahuan Dasar Intelijen bagi Bintara Intelijen dan ...