Home / Headline / Desa Sumber Rejeki Lakukan Pemetaan Desa Superdetil, Pertama di Muba

Desa Sumber Rejeki Lakukan Pemetaan Desa Superdetil, Pertama di Muba

Gerry Utama, Rojaki, dan Ediwan Sigit Santoso sebagai Tim Koordinasi Satu Data Muba melakukan penghimpunan data peta desa didampingi langsung Kades Sumber Rezeki Sutiman dan jajaran perangkat desa.

Sungai Lilin, BP–Desa Sumber Rezeki, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin sedang dalam proses akuisisi data guna menyiapkan peta desa berskala besar sebagai rujukan untuk percepatan pembangunan desa dan kawasan perdesaan secara nasional.

Menurut Kades Sumber Rezeki Sutiman, peta desa itu dapat dimanfaatkan sebagai rujukan atau referensi bagi perangkat desa dan perangkat daerah Muba yang sama-sama memiliki kepentingan membangun desa dalam upaya melakukan evaluasi dan inventarisasi potensi sumber daya yang ada di dalam desa itu.

Dengan demikian informasi yang diperoleh dapat digunakan dalam kerangka pelaksanaan kebijakan yang tepat dan terukur.

Ia menyebut peta desa ini sangat strategis, terlebih dalam kaitan Nawa Cita dengan prinsip membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.

Ediwan Sigit Santoso, SSi, MSi dari Tim Koordinasi Satu Data Muba mengatakan pembuatan peta desa itu akan menggunakan drone dengan resolusi tinggi mencapai 50 cm. Sehingga dengan data citra tersebut, peta yang akan dibuat berskala 1:5.000 akan tergambar secara mendetil mulai dari batas desa, maupun informasi tentang desa seperti jalan yang telah diaspal, masih berupa tanah atau batu, lahan perkebunan, jembatan, rumah, hingga saluran air.

“Peta desa yang selama ini ada baru berupa sketsa dan tidak memiliki standar,” kata dia.

Bahkan dari data itu juga dapat dipetakan rumah yang telah layak huni maupun belum layak huni. Data sebuah rumah juga dapat dikembangkan dengan menambahkan data kepala rumah tangga, jumlah anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah, hingga jenis kelamin yang menghuni rumah tersebut beserta turunan informasi-informasi lainnya yang berada di dalam desa itu sendiri.
“Sehingga peta tersebut diharapkan dapat memberikan informasi dasar terkait kebutuhan desa yang masing-masing tidak sama,” kata dia.

Proses pengambilan data foto udara peta desa ini dimulai sejak Senin, 6- 12 Juli 2020. Gerry Utama, Rojaki, dan Ediwan Sigit Santoso sebagai Tim Koordinasi Satu Data Muba mulai melakukan penghimpunan data peta desa yang didampingi langsung oleh Kades Sumber Rezeki Sutiman dan jajaran perangkat desa.

“Insya Allah penyusunan peta desa ini akan bisa kita selesaikan kurang lebih 2 bulan ke depan untuk menyusun peta,” kata dia.

Ditambahkan lagi, pembuatan peta desa tersebut juga akan menjadi jalan keluar dari permasalahan penentuan batas administrasi antar-desa yang tdak kunjung selesai dan memerlukan waktu lama.#ima/*

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

150 Personil Bintara Kodam II Sriwijaya Ikuti MTT Pengetahuan Intelijen

Palembang, BP Sebanyak 150 prajurit jajaran Kodam II/Swj, mengikuti Mobile Training Team (MTT) Pengetahuan Dasar Intelijen bagi Bintara Intelijen dan ...