Home / Headline / PTPN VII Sepakati Pembebasan Lahan Eksplorasi

PTPN VII Sepakati Pembebasan Lahan Eksplorasi

Muaraenim, BP–PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII akhirnya menyepakati lahan Hak Guna Usaha (HGU) mereka di Kecamatan Gunung Megang dan Lubai Ulu Kabupaten Muaraenim, dibebaskan untuk eksplorasi PT Medco.
Keputusan tersebut ditempuh pihak PTPN VII dalam rapat webinar (virtual) konsultasi publik yang digelar Pemerintah Kabupaten Muaraenim, Selasa (7/7).
Sehubungan rencana ekplorasi minyak dan gas bumi (Migas) di Kecamatan Gunung Megang dan Lubai Ulu, Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat H M Teguh Jaya bersama Kadin Perumahan dan Kawasan Permukiman H A Yani Heriyanto menggelar rapat webinar (virtual) konsultasi publik membahas pengadaan tanah untuk kegiatan usaha hulu Migas bersama Kepala Departemen Pertanahan SKK Migas Farida Soeyatno dan Kabag Pengembangan Strategi dan Teknologi Informasi Kabag PST PTPN VII Yulianto.
Hadir dalam rapat ini, para kades dan camat Lubai Ulu dan Camat Gunung Megang serta perwakilan dari PT Medco Energy. Dalam webbinar tersebut, Asisten I menyampaikan rencana pengadaan tanah untuk lokasi rencana kegiatan usaha hulu Migas oleh SKK Migas yaitu berada di Desa Gunung Megang Dalam dan Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang kemudian Desa Sumber Mulya, Kecamatan Lubai Ulu dengan total luas lahan 56,7 hektar.
Dari luas lahan tersebut sekitar 19,3 hektar merupakan lahan, bangunan dan kebun milik PTPN VII Unit Beringin dan Unit Sungai Lengi dan juga terdapat lahan warga setempat. “Kita akan menjalankan prosedur sesuai Perpres Nomor 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum,”kata Asisten I selaku ketua tim persiapan pengadaan tanah.
Sementara itu, Dalam keterangannya, Kabag PST PTPN VII Yulianto selaku pihak pemegang hak guna usaha, mendukung sepenuhnya rencana kegiatan ekplorasi ini mengingat ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional. Untuk itu pihaknya akan menandatangani kesepakatan dan menerima ganti rugi sehubungan dengan kegiatan tersebut.
SEPAKAT : Dalam rapat webinar (virtual) konsultasi publik PTPN VII menyepakati lahan HGU di Kecamatan Gunung Megang dan Lubai Ulu Kabupaten Muaraenim dibebaskan untuk eksplorasi PT Medco.#nur

x

Jangan Lewatkan

11 Penambang Batubara di Muaraenim Tewas Tertimbun  Longsor

Palembang, BP 11 orang pekerja tambang batu bara rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumsel, ...