Digadang Jadi Calon Tuan Rumah Porprov 2023, Lahat Kejar Kesiapan

15

Sekum KONI Suparman Romans bersama Bupati Lahat Vik Ujang.

Lahat, BP–Pesta olahraga paling bergengsi tingkat provinsi, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2023 digadang-gadang akan digelar di Bumi 1000 Megalite Lahat.

Meski masih dalam waktu tiga tahun lagi, pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel meminta Pemerintah Kabupaten Lahat bersama KONI Lahat untuk mempersiapkan dengan maksimal.

Demikian dikatakan Sekretaris Umum KONI Sumsel Ir Suparman Romans saat silaturahim dengan Bupati Lahat dan KONI Lahat belum lama ini.

“Ya kita melihat Kabupaten Lahat terus meningkatkan prestasi, bahkan pada Porprov XII Prabumulih kemarin meraih tiga besar dengan 31 emas. Dan tidak ada salahnya kita memberi kepercayaan untuk menjadi calon tuan rumah pada Porprov 2023 mendatang,” ujar Ir Suparman Romans.

Baca:  Potret Miris Atlet Latihan dalam Kegelapan JSC, di Balik Tuntutan Prestasi PON

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan Porprov XIV 2023 masih ada waktu dua tahun untuk mempersiapkan diri agar benar-benar maksimal secara pelaksanaan.

Sukses penyelenggaraan menurutnya membutuhkan persiapan yang bukan hanya kesiapan SDM tapi juga kesiapan sarana dan prasarana.

“Mudah-mudahan dua tahun ke depan semua dipersiapkan dengan maksimal. Mulai dari venue, sarana dan prasarana, hotel, penginapan dan sarana pendukung lainnya,” urainya.

Sementara itu dikatakan Bupati Lahat Cik Ujang SH mengaku siap menjadi calon host city dalam perhelatan multi event Olahraga bergengsi tingkat provinsi 2023 mendatang.

Baca:  Tenis Palembang Incar Tiga Keping Emas

“Mengenai kesiapan, akan segera kita siapkan. Untuk sarana prasarana, hotel kita memiliki cukup banyak,” jelasnya.

Tak hanya itu, Cik Ujang juga berharap Kabupaten Lahat tak hanya sukses dalam penyelenggaran tapi juga sukses dalam peningkatan prestasi.

Sebagaimana jika pada Porprov XII 2019 Prabumulih mendapat 31 emas, diharapkan pada Porprov XIII 2021 di OKU Raya bisa meningkat menjadi 33 emas.

“Begitu juga saat kita tuan rumah, mudah-mudahan prestasi kita lebih maksimal. Tapi tetap sportif, untuk apa kalau kita juara kalau tak sportif,” jelasnya.

Baca:  PS Palembang Tumbangkan OKUS Dengan Skor Fantastis

Senada dengan itu dikatakan Plt Ketua KONI Lahat Raswan Ansori mengaku saat ini tengah mempersiapkan Musyawarah Kabupaten (Muskab) dalam waktu enam bulan ke depan.

Namun sebelum menyiapkan Muskab, pihaknya akan menyelesaikan Muskab Pengurus Cabor yang diketahui ada 6 yang perlu kepengurusan baru.

“Mengenai penetapan calon tuan rumah Porprov 2023, pada prinsipnya kita siap dan akan terus berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lahat,” pungkasnya. #sug