Home / Headline / ABPeDNas OI Meminta DPRD OI Buatkan Raperda Baru

ABPeDNas OI Meminta DPRD OI Buatkan Raperda Baru

Inderalaya, BP–Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tergabung dalam Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPeDNas) sekabupaten Ogan Ilir meminta DPRD segera dibuatkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam penetapan anggota BPD di desa masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Forum BPD OI Abdi Latif usai rapat bersama Ketua Komisi I DPRD, Senin (6/7).

“Kami BPD sekabupaten Ogan Ilir yang tergabung dalam ABPeDNas meminta kepada Bupati OI dan DPRD agar segera dibuatkan Raperda dalam penetapan anggota BPD di desa masing-masing dan menganggarkan naskah akademisi,” katanya.

Ia juga mendesak DPRD OI untuk segera membuat Raperda terbaru sesuai dengan regulasi.

“Saya mendesak DPRD OI agar segera membuat Raperda terbaru sesuai regulasi yang ada saat ini,” ungkapnya.

Di samping itu Ketua Komisi I DPRD OI Zahrudin mengatakan, kedatangan ABPeDNas ke Komisi I terkait tugas dan fungsi dari anggota BPD mengenai akademisi.

“Karena sebelumnya ada biaya akademisi, namun setelah kami diskusi ternyata dana tersebut di kembalikan ke Covid-19 dan akhirnya dipotong Bimtek untuk anggota BPD,” ujarnya.

Dikatakannya, ke depan komisi I DPRD akan membentuk Perda dikarenakan ada ketidak sinkronan antara permendagri dengan perda di ogan ilir terkait anggota BPD.

“Oleh karena itu kami memanggil dari pihak PMD agar kiranya tuntutan dari mereka bisa disamakan persepsi terkait akademisi serta fungsi BPD,” terangnya.

Selain itu juga banyak BPD yang terpilih belum memahami tugas dan fungsinya karena diketahui bersma pada saat pemilihan BPD ada dua opsi pertama di tunjuk oleh kepala Desa dan kedua secara musyawara yang dipilih oleh dapil masing-masing, karena itu banyak tidak tahu fungsi mereka.

“Dan juga tadi sempat ada perdebatan BPD dalam mempertanyakan anggaran desa sedangkan menurut PMD itu tidak bisa karena fungsi mereka sebagai pengawasan saja bukan untuk mengaudit karena sudah bedah ranah,” jelasnya. #hen

x

Jangan Lewatkan

Mobdin Kijang Hitam Kepala BPKAD Hantam Motor Beat, Korban Dilarikan ke RS

Inderalaya, BP–Saat hendak masuk ke perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, mobil dinas (nobdin) Kijang Innova hitam yang digunakan Kepala ...