Home / Headline / Penipu Belanja Online Diamankan

Penipu Belanja Online Diamankan

BP/IST
Pelaku M Ari Tarik Alfansyah saat diamankan

Palembang, BP

Korban penipuan jual beli onlin dialami Alhusairi (25), warga Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Dia yang sudah mentransfer uang Rp 2,3 juta untuk membeli laptop merek HP, tapi barang pesanan tak kunjung datang.
Orang yang menjual laptop tersebut bernama M Ari Tarik Alfansyah (23) tidak bisa dihubungi lagi dan ponselnya mendadak tidak aktif. Untunglah, korban berhasil memancing pelaku dengan menyuruh cewek menghubungi pelaku melalui media sosial.
Pancingan korban berhasil, pelaku bersedia bertemu di Jalan Radial RM Palapa depan Ramayana Palembang, Jumat (19/6), sekitar pukul 15.00 . Tak pelak, korban langsung mengankan pelaku dan menggelandangnya ke Mapolda Sumsel.
Dari keterangan Alhusairi, awalnya ia tertarik dengan laptop dijual online di OLX seharga Rp 3 juta. “Saya percaya karena pelaku video call dan mengirim identitas E-KTP,” katanya.
Transaksi itu pada Rabu (17/6). “Uang Rp 2,7 juta kemudian ditransfer, tapi sampai sekarang laptop tidak kunjung dikirim juga oleh pelaku, dan ponselnya tidak bisa dihubungi, tidak aktif lagi,” katanya.
Sementara, kepada polisi M Ari Tarik Alfaayah (23), warga Lorong Murba, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang mengakui menjual Laptop merek Hp milik pacarnya melalui OLX.
“Uang Rp 1,2 juta pembelian laptop aku pakai Rp 400 ribu jadi berkurang. Jadi aku merasa bersalah dari situ aku tidak tanggapi dia (korban,red) lagi, aku takut merasa salah,” katanya.
Uang korban untuk pembelian laptop digunakan pelaku untuk foya-foya. “Aku pakai untuk judi online dan jajan untuk cewek aku,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

KPK Selenggarakan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Secara Daring

Jakarta, BP Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Pusat Edukasi Antikorupsi membuka pendaftaran Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi secara daring. Penyelenggaraan kegiatan dilakukan ...