Home / Headline / Komisi I DPRD Sumsel Serahkan Bantuan APD Ke Pemkab Empat Lawang

Komisi I DPRD Sumsel Serahkan Bantuan APD Ke Pemkab Empat Lawang

 Empat Lawang, BP

Sebagai wujud aksi nyata dalam melawan wabah Covid 19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) , pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten Empat Lawang, dalam rangka memberikan bantuan Alat pelindung Diri (APD).

Penyerahan APD diserahkan langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar didampingi jajaran pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Sumsel serta diterima langsung oleh Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad dan Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana, Kamis (18/6) di kantor Pemkab Empat Lawang.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar, kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Sumsel ke Kabupaten Empat Lawang dalam rangka monotoring dan penanganan Covid 19 dalam upaya penanggulangannya.

“Pada kunjungan tersebut Komisi I juga menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang diperuntukkan bagi tenaga medis di Kabupaten Empat Lawang,” katanya.

Apalagi di Kabupaten Empat Lawang masuk dalam katagori Zona hijau lantaran tidak ada warganya yang positif pandemi corona-19. Kondisi ini wajib di pertahankan.

“Alhamdulillah kami diterima dengan baik dan lengkap dengan FKPD. dan OPD. Kami banyak mendapatkan informasi yang berdasarkan fakta dan data2 dalam hal percepatan penangan pandemi covid yang terencana, terarah dan fokus. Terbukti kab. 4 L. Zona hijau.

Pihaknya berpesan kepada Bupati Empat Lawang dan Wakil Bupati Empat Lawang serta FKPD dan OPD terkait di Empat Lawang untuk tetap waspada , jangan lalai, agar tetap mempertahankan zero covid.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengapresiasi bantuan APD komisi I DPRD Sumsel tersebut.

Joncik Muhammad mengucap rasa syukur, karena kabupaten yang dipimpinnya masih berstatus zona hijau. Untuk satu orang pasien positif Covid-19 juga, bukan merupakan penularan transmisi lokal, namun penularan secara impor.
Joncik Muhammad mengungkapkan bagaimana dia bisa mengamankan daerahnya dari paparan penularan Covid-19, yang terus bertambah di Sumsel.

Menurutnya, seorang pemimpin harus mempunyai jiwa strong leader dan merasa terpanggil untuk mencegah pandemi Covid-19 di daerah yang dipimpinnya.

Pada saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 , Joncik Muhammad langsung bergerak cepat mengikuti langkah Presiden Jokowi di daerahnya, untuk pencegahan lebih awal penularan Corona Covid-19.

“Hari itu juga saya buat gugus tugas di kabupaten, kecamatan, desa hingga kelurahan. Kita harus perang lawan Covid-19. Saya perintahkan kepala desa (kades) dan lurah 1×24 jam harus memantau dan berkoordinasi dengan puskesmas dan pustu. Termasuk mengetahui informasi warga yang baru datang, termasuk riwayatnya dari mana,” katanya.

Jika ada warganya yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Orang Tanpa Gejala (OTG), harus ada laporan khusus untuk ditindaklanjuti.

Ternyata cara ini ampuh dilakukan tiga bulan terakhir, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Empat Lawang.

Untuk perawatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sendiri, tim medis di Kabupaten Empat Lawang menerapkan beberapa langkah penanganan.#osk

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Siap Perjuangkan Perluasan Distribusi Jargas di Sumsel

Palembang, BP–Mantan Gubernur Sumsel periode 2008-2018 yang saat ini menjabat pimpinan komisi VII DPR RI H Alex Noerdin menegaskan, siap ...