Home / Headline / KPU Sumsel Berencana Akan Aktifkan PPK dan PPS

KPU Sumsel Berencana Akan Aktifkan PPK dan PPS

BP/IST
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana

Palembang, BP

Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berencana akan mengaktifkan kembali penyelanggara pemilu adhoc yang sempat di non aktifkan akibat Covid-19.
Mereka yang diaktifkan itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).
Meskipun begitu, KPU Sumsel tidak akan memaksa jika ada PPK atau PPS yang mengundurkan diri, menjadi panitia pemilu ditengah pandemi Covid-19 nantinya.
“Memang belum aktif sekarang, tapi KPU RI sudah menginstruksikan untuk siap- siap. Jika diaktifkan kembali, ditanya lagi PPK dan PPS mau tidak bekerja dimassa pandemi Covid-19.Jadi kita antisipasi dari awal, sebab kalau sudah jalan nanti tidak mau kan ribet,” kata Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Jumat (12/6).
Menurut Kelly, nantinya semua tingkatan akan melakukan proses itu, dimana KPU Kabupaten akan menanyakan langsung ke PPK, dan PPK menanyakan ke calon PPS.
“Jadi tanya- tanya dulu sebelum diaktifkan, mau atau tidak. Kalau tidak akan dicari gantinya, kan sudah ada hasil tes urutannya sebelumnya,” kata Kelly.
Jika nantinya petugas adhoc masih mau bertugas atau tidak, akan dibuatkan surat pernyataan bersedia atau mundur, sebagai syarat yang telah ditetapkan.
“Nantinya ada surat pernyataan mundur atau tetap, kan kerja sekarang berbeda, ditengah pandemi,” katanya.
Mengenai honor bagi petugas PPK dan PPS itu, ditambahkan Kelly jika tidak mengalami perubahan ditengah pandemi Covid-19, dan dipastikan tidak akan mengalami perubahan.
“Besaran honornya tetap dan yang baru, jadi mereka dapat fasilitasi APD, dan tidak perlu peningkatan honor. Kalau honor naik bengkak lagi anggaran, apalagi sudah banyak berutukan pasti akan berat teralisasi,” katanya.
Di Sumsel terdapat 7 Kabupaten yang melaksanakannya, yaitu Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan dan OKU Timur.
Dimana, terdapat 470 petugas PPK tingkat Kecamatan, dan 3.987 petugas PPS tingkat Desa/ Kelurahan yang tersebar di 7 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada di Sumsel.#osk

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Siap Perjuangkan Perluasan Distribusi Jargas di Sumsel

Palembang, BP–Mantan Gubernur Sumsel periode 2008-2018 yang saat ini menjabat pimpinan komisi VII DPR RI H Alex Noerdin menegaskan, siap ...