Home / Headline / Kodam II Sriwijaya Akan Gelar TMMD Ke-108

Kodam II Sriwijaya Akan Gelar TMMD Ke-108

Palembang, BP

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Tahun 2020 yang berlangsung melalui Video Conference bersama Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari selaku Pati Bidang Perencanaan PJO TMMD Ke-108, didampingi Mayjen TNI Nurcahyanto, Kabaharkam Polri, Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Kemendagri, Waaster Panglima TNI, Waaster-2 Kasad, Kasubdis Penmedtak dan Pabandya Opsbak Sterad, langsung dari Mabesad – Jakarta, Selasa (9/6).

Mengawali Rakornis tersebut, Aster Kasad mengajak kepada para peserta Rakornis untuk berdo’a bersama bagi keselamatan bangsa dan negara dari pandemi Covid-19. Atas nama Pati Bidang Perencanaan PJO, Aster Kasad juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Para Bupati, Walikota dan jajaran Pemerintah Daerah, pada situasi yang demikian jajaran pemerintahan di daerah masih bisa mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan TMMD Ke-108.

“Kami menyadari, situasi yang kita hadapi dan tentunya oleh jajaran pemerintahan daerah sungguh sangat berat, tetapi masih bisa mengalokasikan untuk kegiatan TMMD kita”, kata Aster Kasad. “Kami mengharap bahwa kegiatan ini juga untuk mendukung penanganan Covid di daerah, sehingga kegiatan yang tentunya bersifat fisik dan nonfisik, agar para Dansatgas sarankan juga untuk penanggulangan ini, sehingga anggaran yang diberikan juga bermanfaat secara luas di daerah”, pungkasnya.

Aster Kasad juga menjelaskan, Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral, keterlibatan Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan masyarakat merupakan bagian dari sifat dasar kita sebagai bangsa yaitu Gotong Royong. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini peningkatan kesejahteraan, kesehatan, keselamatan manusia bisa terwujud meskipun upaya yang kita lakukan mungkin skalanya kecil, tapi mudah-mudahan berpengaruh terhadap kondisi di wilayah”, ujarnya.

Pada Rakornis TMMD Ke-108 ini, tema yang diambil yaitu, “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”. Aster Kasad berharap bahwa, kegiatan TMMD tersebut benar-benar merupakan pengabdian untuk seluruh bangsa dan negara. “Kegiatan akan kita laksanakan mulai tanggal 30 Juni sampai 29 Juli 2020. Sehingga masih ada waktu bagi Dansatgas, Pemerintah Daerah dan bagi kita yang ada di Jakarta ini Kementerian, Lembaga untuk mempersiapkan dukungan bagi pelaksanaan TMMD”, jelas Aster Kasad.

Usai kegiatan Rakornis bersama Aster Kasad, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., didampingi Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni, langsung memimpin Rakornis di lingkungan Kodam II/Swj, terkait dengan program yang akan dilaksanakan dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodam II/Swj Tahun 2020, Selasa (9/6/2020) di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang.

Untuk meyakinkan pelaksanaan TMMD Ke-108 di wilayah Kodam II/Swj dapat berjalan sesuai perencanaan yang sudah diprogramkan, dalam kegiatan Rakornis tersebut Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menerima paparan dari para Dandim jajaran yang menjabat sebagai Dansatgas TMMD Ke-108 Tahun 2020.

Untuk wilayah Kodam II/Swj sendiri, kegiatan TMMD Ke-108 akan dilaksanakan di 5 Kabupaten / Kota di wilayah Sumbagsel, antara lain ; di wilayah Kodim 0423/Bengkulu Utara (Korem 041/Gamas, Prov. Bengkulu), Kodim 0419/Tanjung Jabung (Korem 042/Gapu, Prov. Jambi), Kodim 0421/Lampung Selatan dan Kodim 0424/Tanggamus (Korem 043/Gatam, Prov. Lampung) dan Kodim 0402/Ogan Komering Ilir – Ogan Ilir (Korem 044/Gapo, Prov. Sumsel).

Adapun sasarannya meliputi sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah serta terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil, seperti pembuatan jalan, jembatan, gorong-gorong, rehab sarana ibadah, rehab rumah pra-sejahtera dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Sedangkan sasaran non fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, antara lain meliputi penyuluhan kesadaran bela Negara, kesadaran hukum, penyuluhan pertanian, peternakan, kesehatan dan KB, pengobatan gratis, penyuluhan bahaya narkoba, dan berbagai kegiatan non fisik lainnya.

Dalam Rakornis tersebut Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan menekankan, agar dalam pelaksanaan TMMD Ke-108 kali ini tetap mampu menjaga dan memelihara semangat budaya gotong royong, sesuai maksud dan tujuan TMMD itu sendiri yaitu dengan mengedepankan semangat gotong royong bersama seluruh komponen yang ada dalam rangka mendukung pembangunan pemerintah daerah dan tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan Rakornis TMMD Ke-108 Tahun 2020 kali ini, antara lain; Irdam II/Swj, para Danrem, Para Asisten Kasdam II/Swj, Kapendam dan para Dandim selaku Dansatgas TMMD Ke-108 Tahun 2020, Para Bupati/Walikota atau yang mewakili, para Ketua DPRD, Para Kepala Bappeda Prov/Kab dan Para Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

Sebelumnya, telah dilaksanakan acara Penyerahan piagam penghargaan dan hadiah Lomba Karya Jurnalistik, Kategori Wartawan media elektronik dari TV One Lampung, yang berhasil meraih Juara-I, a.n. Edi Suprianto, dengan Judul : “Merajut Harmoni Dalam Keberagaman dari Satgas TMMD Kodim 0411/LT Rem 043/Gatam Dam II/Swj”. Piagam penghargaan dan hadiah berupa uang pembinaan sebesar 15 juta rupiah tersebut diserahkan langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni.#osk

x

Jangan Lewatkan

KPK Imbau Cakada di 4 Wilayah Jujur Melaporkan Dana Kampanye, Termasuk Sumsel

Palangkaraya,BP  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengimbau para pasangan calon kepala daerah (cakada) di empat wilayah Provinsi ...