Home / Headline / Pencuri Baterai Gardu PLN, Satu Tersangka Terpaksa Ditembak

Pencuri Baterai Gardu PLN, Satu Tersangka Terpaksa Ditembak

BP/IST
Dua pelaku pencurian baterai LBS Recloser Gardu PLN di Jalan Tegal Binangun, Plaju Darat, Plaju, Palembang, berhasil ditangkap Tim Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang yang dipimpin langsung oleh Kanit Tekab, Iptu Tohirin.

Palembang, BP

Dua pelaku pencurian baterai LBS Recloser Gardu PLN di Jalan Tegal Binangun, Plaju Darat, Plaju, Palembang, berhasil ditangkap Tim Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang yang dipimpin langsung oleh Kanit Tekab, Iptu Tohirin.
Adapun identitas Kedua tersangka yakni, Reza (32) dan Riky (32) keduanya merupakan warga Jalan Menumbing, Kepandean Baru, Ilir Timur 1 Palembang.
Dalam penangkapan tersebut, tersangka Riky terpaksa harus diberikan tindakan tegas terukur di kedua kakinya, lantaran melawan dan mencoba melarikan diri saat dilakukan penangkapan di seputaran Jalan Veteran, Palembang, Sabtu (6/6), sekira pukul 18.30.
“Keduanya ditangkap saat nongkrong di kawasan Jalan Veteran Palembang. Tersangka Riky ini sudah melakukan aksinya di 10 TKP, sehingga mencoba kabur dan melawan saat kita sergap dan terpaksa diberikan tindakan tegas dengan terukur di kedua kakinya,” kata Kasatreskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono melalui Kanit Tekab 134, Iptu Tohirin, Minggu (7/6.
Dijelaskan Tohirin, kedua tersangka ini dalam aksinya telah pencurian baterai gardu PLN pada Jumat (8/6), sekitar pukul 16.30.
“Saat melakukan aksinya, tersangka Riky ini yang memanjat gardu PLN dan melepaskan dua buah baterai LBS Recloser dengan menggunakan obeng,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kanit PPA ini.
Selanjutnya, usai melepas baterai tersebut, kedua tersangka kabur menggunakan sepeda motor dan langsung menjualnya ke tukang loak Rp 120 ribu.
“Dari pengakuan kedua tersangka, hasil menjual baterai tersebut mereka bagi dua, masing-masing Rp 60 ribu,” kata Tohirin.
Dalam keterangannya Tohirin juga menambahkan, kedua pelaku ditangkap berdasarkan laporan dari korban, Dwi Prasetya (31), karyawan PT. PLN.
Tidak hanya itu, dari penangkapan tersebut petugas juha berhasil mengamankan barang bukti berupa dua buah baterai LBS Recloser milik PLN, dan satu unit sepeda motor matic jenis Beat warna biru tanpa plat.
Sementara itu, tersangka Riky saat dimintai keterangan mengaku telah melakukan pencurian baterai di 10 TKP.
“Saya sudah 10 kali maling baterai di gardu PLN, termasuk yang bersama Reza, kami berdua yang mencuri batery gardu PLN di Tegal Binangun,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

11 Penambang Batubara di Muaraenim Tewas Tertimbun  Longsor

Palembang, BP 11 orang pekerja tambang batu bara rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumsel, ...